Wednesday, January 18, 2012

Karimun Jawa Desember 2011

Yap, again another sudden trip.
Kali ini ulahnya Wanda, yang tiba-tiba ngajak gw "Ri, ke Karimun Jawa yuks".
Secara gw mure.. gw jawab aja asal "yuks" Hahaha Dasar!!
Dan tanpa persetujuan gw yang belum ngajuin cuti, nih bocah udah booked aja tour ke Karimun Jawa buat gw...Jadilah gw memutuskan cuti, dengan alasan "kapan lagi gw ada temen ke Karimun Jawa kalau si Wanda udah pergi sekarang, nanti susah lagi nyari temennya" hehehe nyari validasi aja bisanya...

Kali ini kita ikutan tour dari sukawisata (klik disini untuk link nya) dengan biaya 595rb/ orang untuk 4 hari 3 malam. Lumayan mahal sih, tapi karena kita mendadak dan gak prepare buat nyari penginapan, dkk akhirnya memilih ikutan tour.
Kita pergi 25 Desember 2011 sore, si Wanda ini emang nekat dah... masih natalan coba! hehe, tapi demi yaaa.. hihihihi... Janjian sama anak yang lain - Wanda, Achie, Sherley, Dimen dan Bekur - di terminal Lebak Bulus. Kita naik bus eksekutif  Shantika langsung ke Jepara dengan biaya 150.000/org (iyh backpacker macam apa ini, naiknya eksekutif)..hahaha!.

Perjalanan dari Jakarta ke Jepara itu sekitar 12 jam. Dari Jakarta jam 5 sore dan nyampe Jepara benar-benar subuh sekitar jam 5an. Kita turun di alun-alun trus nyambung becak ke Pelabuhan Kartini dengan biaya 20.000/ becak. Sampai di pelabuhan, dapat kabar kalau kapal ferry belum berangkat dari Karimun Jawa..wew! Dibilang juga kapal baru berangkat pagi ini dan kemungkinan sampai Jepara itu jam 2 siang. (Catatan: Perjalanan Jepara - Karimun Jawa itu 6 jam naik ferry). Nah lo kita jadi punya waktu sekitar 6 jam di Jepara tanpa tujuan. Akhirnya kita memutuskan akan ke tengah kota, tapi karena bingung gimana akses kesana kita sempet duduk-duduk bingung dulu, sekalian lah foto-foto dengan muka kucel setelah 12 jam perjalanan bus...hehe. Lagi bingung nya tiba-tiba kita melihat beberapa orang mengendarai motor dengan boncengan bak kebuka dibelakang (gw gak tau harus nyebut transportasi ini apa?..hihihi) dan tercetuslah ide untuk naik ini biar bisa barengan. Si bekur yang paling fasih bahasa Jawa tiba-tiba saja menyapa satu bapak berkendaraan motor ini dan entah apa yang diomongin (secara gw gak ngerti bahasa jawa, chuy!) akhirnya kita bisa naik motor ini ber-6 + backpack. Ahey!!Nama Bapak ini Pak Kuslin, tapi kita namain beliau Mr. K.

Masjid Agung Kabupaten Jepara
Pemberhentian pertama sarapan diwarung nasi pinggir jalan trus lanjut ke Masjid Agung Kabupaten Jepara. Disini kita seperti numpang istirahat (maaf ya masjid :D ) - mandi, sholat dhuha, dan foto-foto pastinya. Setelah itu kita ke Museum RA. Kartini, didekat Alun-Alun, dari Masjid tinggal jalan kaki.  Isi dari museum ini ya udah pasti peninggalan RA Kartini. Museum ini sederhana banget, masuk pun cuma bayar 3000. Sedih ya! padahal RA Kartini ini kan populer, di Belanda pun dijadikan nama jalan 'Kartini street'. Salah satu yang menarik dari museum ini ada kerangka ikan super guede yang dinamain 'Krg. Ikan Joko Tuwo' asal Karimun Jawa. Dang!! beneran ada ikan kayak gitu di Karimun Jawa serem juga, belum nyampe ini kesana -.-".

Krg. Ikan Joko Tuwo

Dan emang yah, kalau jalan itu paling sering abis dimakanan. Baru keluar museum liat bakso, es kepala pada gak nahan, langsung deh pada pesen, padahal balik dari sini ya mau makan siang juga.. hehehe. Setelah makan siang, kita mampir ke mushola deket museum RA. Kartini untuk sholat Dzuhur dan istirahat sebentar sebelum di jemput Mr. K untuk balik ke Pelabuhan.

Sampai di Pelabuhan kapal sudah datang, tapi belum tau mau berangkat jam berapa. Akhirnya kita nunggu dulu, salahnya nunggu didepan warung, kita (gw lebih tepatnya) pesen dua mangkok indomie goreng -.-" naahh makan mulu, parah!! Sekitar 2 jam nunggu kita dapat kabar kalau kapal akan berangkat jam 11 malam karena gelombang masih tinggi. Krik krik krik ditunda lagi tapi demi keselamatan, baiklah!. Catatan : kalau mau ke Karimun Jawa tidak disarankan pas musim hujan (Desember - Maret) karena gelombang lagi tinggi-tingginya.

Bosan duduk didepan warung, kita nelpon Mr. K minta diajak keliling lagi. Kali ini benar-benar gak tau tujuan nya kemana, kita bilang ke Mr. K "terserah pak, kemana Bapak pergi kita ikutan" hohoho dan disinilah tragedi itu terjadi. Kita ikutan si Bapak ngambil kulkas di Stadion Bumi Kartini. Sampai sana terlena sama keadaan stadion yang warna-warni dan kebetulan lagi ada Persijab latihan + nomor punggung 17 @_@ bikin kita jadi mau stay disana aja selagi Mr. K nganter itu kulkas balik ke pelabuhan. Selesai foto-foto bosan memutuskan nunggu Mr. K diluar dan tiba-tiba hujan gede saja sodara-sodara! Hayah terdampar didepan stadion, gelap-gelap dan dingin (-.-"). Kita berkesimpulan kena karma Mr. K, bilang mau ikut kemana Mr. K pergi tapi karena terlena sama si. No. 17 jd deh kejebak hujan... hihihihi. Tapi ya, saking baiknya pas hujan reda sedikit Mr. K datang donk nyamperin kita di stadion dan ikutan nunggu disini. Wow, Mr.K we heart you (^_^). Akhirnya kita bersama Mr. K main kartu sampai hujan berhenti.

Museum RA Kartini
Hujan berhenti kita mampir ke KFC Jepara (KFC yang notabene nya baru 1 tahun berdiri) untuk beli makan malam. Nyampe di Pelabuhan sekitar jam 9an malam dan tiba-tiba hujan gede lagi, akhirnya kita nunggu berangkat didalam kapal ferry. Kita dapat duduk paling depan dekat jendela dan pintu keluar masuk karena yang available emang cuma disitu. Sebelum siab-siap tidur kita makan dulu itu KFC dan you know what saat itu kita berasa itu KFC terenak yang pernah kita makan, hahaha lebay! Selesai makan gw, achie, bekur dan sherley minum antimo karena berpikir akan berangkat jam 11 malam dan takut mabok laut. 1 jam setelah minum kita udah ngantuk parah, karena kondisi masih hujan dan posisi tidur gak enak gw memutuskan tidur dibawah minta matras dari orang sebelah. Sebenarnya posisi tidur gw enak gak enak. Enak karena beneran tiduran diatas matras, gak enak karena dekat pintu keluar masuk orang jadinya dilewatin gitu, tapi kepalang ngantuk parah gw beneran gak peduli. Lagi tidur denger pemberitahuan kalau keberangkatan ditunda lagi jadi jam 5 pagi, bangun bentar memutuskan untuk gak keluar dari kapal trus tidur lagi. Gak peduli keadaan sekitar, padahal itu udah banyak orang yang bulak balik karena kapal batal berangkat lagi tapi gw tetap tidur. Mungkin secara gak sengaja ada beberapa orang yang hampir nginjek dan gw tetap tidur.  Asli lah parah juga efek antimo. Tidak disarankan minum antimo kalau gak benar-benar diperlukan. Efek ngantuknya bisa bikin 1/4 sadar doank!.

Catatan :
Karena kapal suka tidak bisa diprediksi kedatangan dan keberangkatannya (tergantung cuaca). Jadi gw mau sedikit share hal-hal yang bisa dilakukan di Jepara:
  1. Pantai Kartini. Bisa main air, outbound, atau cuma duduk doank. Disini ada aquarium raksasa yang bentuk bangunannya berbentuk kura-kura.
  2. Pantai Bandengan. Tadinya kita hampir kesini, tapi takut gak keburu balik jadinya gak jadi. Pantai ini sekitar  30 menit dari pusat kota Jepara.
  3. Musem R.A. Kartini. Terletak dekat alun-alun Jepara.
  4. Pusat Kerajian Kayu. Ada beberapa tempat, jadi bisa minta diantar aja sama tukang becak ke pusat kerajinan kayu ini.
  5. Gelora Bumi Kartini. Nothing you can do but taking picture atau nonton pertandingan kalau kebetulan lagi ada yang main.
Besoknya kapal baru jalan sekitar jam 6an dan karena malamnya udah minum antimo pas pagi ni kapal jalan gw gak minum lagi, alhasil mabok laut! Literally mabok laut, bisanya cuma tiduran bangun dikit mual dan sempet muntah. Hahaha, payah banget dah baru 6 jam, gimana mau ke Kangean 10 jam dikapal, ngebanyangin nya aja udah mual ?!*#@_@#*!?.

Sampe di Pelabuhan Karimun Jawa sekiar jam 12an. Yippie akhirnya!. Sebenarnya Kepulauan Karimun Jawa itu terdiri dari banyak pulau, pulau paling besar dan berpenduduk namanya yaa Pulau Karimun Jawa, lainnya kebanyakan pulau gak berpenduduk.

Setelah diantar ke penginapan kita istirahat sebentar dan siap-siap keliling pulau dan snorkeling. Disini yang dimaksud penginapan itu nginap dirumah penduduk, alhamdulillah sih rumah kita bagus, kamar mandinya juga bagus. Tapi entah kenapa ada 1 kamar yang tadinya ada 2 tempat tidur (pas kan tuh buat cewek 4 orang), tapi sama tour agent nya diambil satu karena kalau 2 kasur musti nambah lagi.. #eeaa segitu signifikannya kah? -.-", demi gak mau nambah biaya lagi, kita rela 1 kasur diambil. Trus pas malam-malam kita ambil balik bantal guling nya doank + kipas angin nganggur.. huahahaha, lumayan buat 2 malam. :p.

Catatan :
Di Karimun Jawa listrik sangat terbatas. Jadwal nya kalau gak salah:
- Jam 06.00 - 12.00 mati.
- Jam 12.00 - 15.00 nyala.
- Jam 15.00 - 18.00 mati.
- Jam 18.00 - 06.00 nyala

So, bagi yang mau charge HP, batere kamera, dll musti inget-inget jam nyala dan mati nya. Kalau pergi nya ramean jangan lupa bawa kabel extention atau colokan kaki tiga biar gak berebutan nge-charge.

Oh iya, prepare your money sebelum nyampe di Karimun Jawa karena ATM yang ada disini cuma BRI dan jam 6 pagi mesin dimatikan, mengukuti jadwal listrik mati.

Day#1
Sebenarnya sih cuma setengah hari yaa.. perginya gak jauh-jauh. Kita ke Penangkaran Hiu di Wisma Apung. Berdasarkan internet wisma apung ini cukup terkenal, karena dia penginapan diatas laut walaupun bukan ditengah laut banget. Tapi in my humble opinion ya pas kesana, gak seindah yang dibayangkan ternyata. Setelah foto-foto sama hiu kita snorkeling sebentar di sekitar pulau. Menjelang sore kita udah balik ke penginapan dan secara kita bosenan, abis makan malam (yang ternyata disedian sama si ibu yang punya rumah) kita jalan keliling. Buat kalian yang tipikal bosenan kayak kita, di alun-alun dekat Dermaga, banyak yang jualan makanan. Ada yang jual es pisang ijo, lumayan lah  buat hiburan.

Penangkaran Hiu

Day #2
Kita pergi ke yang namanya Spot Gosong, ini itu semacam gundukan pasir ditengah-tengah laut. Kalau dari jauh gak akan keliatan ada pulau super duper kecil tanpa pepohonan yang sebenarnya cuma pasir di tengah laut. Tapi tempat ini semacam 'a must visit place' kalau ke Karimun Jawa. Kalau kita mau foto sebaiknya dari jarak rada jauh biar keliatan pasir ditengah lautnya + laut bewarna biru cantik *mhhm biru cantik itu apa yaa?*. :p Sebenarnya penasaran kenapa dinamain Gosong, tapi sampai sekarang belum tau jawabannya. Catatan : sekarang Karimun Jawa udah rame banget, jadi kalau mau foto disini musti pinter-pinter cari spot biar gak banyak keliatan orang, kalau gak nanti dibilang kayak di Ancol *LedekanSeorangTeman* #nomention.

Spot Gosong

Ancol!!! oops Spot Gosong! :p
Destinasi kedua itu snorkeling. Tempat nya gak jauh dari Pulau Tengah. Again, in my humble opinion spot snorkeling nya lumayan lah, walaupun gak sebagus Liukang Loe (catatan pribadi penulis : karena baru pernah ke sport snorkeling di Liukang Loe, jadi so far yang paling bagus disini). (^_^)
Setelah snorkeling kita makan siang di Pulau Tengah. Disini kita bakar ikan, sambil menunggu makan siang siap kita keliling pulau. Pulau ini juga memiliki pantai yang bagus. Lagi-lagi karena musim hujan dan cuaca tidak terang mentereng jadi warna biru laut cantiknya kurang keliatan. Tapi hal ini tidak mematahkan semangat kita untuk foto-foto..hahaha *tetep*. Sebelum balik ke penginapan kita sempetin snorkeling lagi disekitar pulau. Buat gw kegiatan snorkeling itu adalah kegiatan yang menyenangkan, walaupun bisa dibilang gak terlalu bagus tapi tetap seru!! melihat-lihat terumbu karang dan mencari kali aja ada ikan aneh-aneh.. hihihi.

Pulau Tengah

Day#3
Over budget terjadi!! Pasalnya tour kita ngadain tour darat karena menurut mereka banyak group lain yang minta dan berasumsi cuaca kurang bagus jadi gak diadain tour pulau. Secara kita ini orang-orang rebel. Kita gak mau ikutan tour darat, akhirnya kita minta pisah dan mau tour ke Pulau Cemara - salah satu 'a must visit place' juga. Walaupun harus  nambah biaya lagi tapi kita lebih rela.

Pulau Cemara - Edited by Wanda

Dan inilah yang kita sebut the best last day!.
Perjalanan ke Pulau Cemara memang penuh gelombang laut yang tinggi, tapi ditengah perjalanan kita bisa lihat konservasi terumbu karang dengan laut berwarna biru cantik (hehe, tetep donk bilang biru cantik ;p). Sebelum ke Pulau kita diajak snorkeling dulu sama tour guide nya. Dan siapa sangka spot snorkeling disini lebih bagus dari sebelumnya (^_^). Puas snorkeling lanjut ke Pulau Cemara, pas nyampe speechless. Baaaguusss!!! Kalau kata sherley ini tuh kolam renang laut... hihihi.. Laut dangkal dengan pasir putih didasarnya dan ssannggaatt luas..kalau dilihat dari atas seperti kolam renang. Nothing but taking picture!! pastinya!! Udah berasa sesi foto deh. Pulau yang cantik isinya cuma kita berenam, berasa private island. Puas!! Hehehe (^_^)

Pulau Cemara
Nemo!!

Eits tapi gak berhenti sampai disini, pas perjalan balik kita diajak mampir ke Pantai Ujung Gelam. Pantai ini seperti gabungan Pantai Sikuai, Padang dan Pantai di Belitung. Banyak pohon kelapa dan karang besar. Di Pantai ini kapal gak bisa nyandar langsung dengan bibir pantai, harus rada ditengah karena di Kepulauan Karimun Jawa ini banyak pulau dengan laut dangkal yang gak bisa dilewatin kapal. Bagus, pastinya! :)

Pantai Ujung Gelam

Menjelang tengah hari  kita udah harus balik ke penginapan, menanti kabar kapan kapal ke Jepara datang. Ternyata kapal gak jadi berangkat lagi hari ini, kemungkinan besok pagi. Jiahh, jadi punya waktu setengah hari lagi tanpa kegiatan. Bingung mau ngapain kita tidur-tiduran dan menjelang sore kita keluar untuk liat sunset (berharap ada sunset..). Sambil menunggu sunset, kita bermain-main dengan kamera gw dan gw baru tau kalau feature dikamera gw banyak dan bagus.. Hahaha, baru tau!!!

Blue!!
Sunset yang ditunggu tidak keluar teman, yaa mendung sih.. jadinya a gloomy sunset. Malam ini kita gak main sampai malam karena harus packing buat balik besok. Kita sempet makan indomie di warung Bu Ester (pulang dari Karimun Jawa berniat puasa indomie!! bisa gak yaa??)

A gloomy sunset

Day#4
Saatnya pulang!! Dengan semangat kita udah nunggu dijemput dari jam 6 pagi. Tapi sampai jam 7an ternyata jemputan tak kunjung datang, akhirnya kita samperin base nya sukawisata yang memang deket penginapan kita. Ternyata eh ternyata mereka jemput yang jauh-jauh dulu... Hadeh!! begini caranya udah pasti gak dapat duduk di kapal -.-". Dan bener aja donk, nyampe kapal cuma sisa di dek atas yang luar biasa panasnya. Gw dan achie tetap minum antimo demi bisa tidur. Benar saja, 1 jam setelah minum antimo gw dan achie ngantuk parah. Ada kali 2 jam lebih gw tidur dan alhamdulillah posisi gw lumayan enak, dibawah pohon-pohon kecil.
Bangun-bangun dari tidur gw liat sekeliling gw yang tadinya ruame banget langsung sepi pi.. ternyata saking panasnya orang-orang pada pindah kebawah. Gwa dan achie yang masih 1/4 sadar gak mau gerak turun. Akhirnya dibantu wanda kita bikin tenda kecil dari kain bali, selimut, dan kain lainnya, dan voila inilah tenda kami!!.

ps : pulang dari sini gw, achie, wanda sungguh hitam keling sekali. Kita berkesimpulan ini bukan hasil di Karimun Jawa, tapi hasil berjemur dikapal karena gak mau pindah kebawah. Wkakakak!!

Kita nyampe Jepara sore sekitar jam 2an. Mampir di masjid untuk sholat kemudian langsung ke terminal. Oh iya tiket bus pulang kita ini dibeliin dulu lho sama Mr. K. dan karena kehabisan tiket bis Shantika jadi kita naiknya bis Haryono dengan harga 110.000/org hehe lumayan lebih murah. Pulang naik bis jam 5 sore dan sudah pasti nyampe Jakarta pagi dan itu adalah tanggal 31 Desember 2011, hari terakhir di 2011.

With Mr.K

3 hari cuti dan 1 hari ijin karena kapal delay adalah sesuatu banget!!

Sudden trip. Delay. Mosque. Museum. Square. Mr. K. Trapped in GBK stadium. Shark. Snorkeling. The best last day, kinda sweet trip to close this year. Happy new year, all.

1 comment:

1. Untuk yang ingin berwisata/menginap di karimun jawa silahkan kunjungi web kami, tersedia paket lengkap http://karimunjawamenjanganresort.com/