Tuesday, October 7, 2014

Just a Random Traveler

Tebing Keraton & Blue Doors Coffee, Bandung - Oktober 2014

Yes I am a random traveler. Gue memang benar-benar random. Jadi kemarin itu gue ada meeting di Bogor. Hari itu hari jumat yang gue tidak berniat nginep karena awalnya mau les dan gak ada nyokap jadi gak ada orang di rumah. Tapi mendadak gue random................

Random #1
Gue whatsapp wanda dan bilang "Wa, lo nginep di Bandung? ke Tebing Keraton yuks". Gue rasa sih wanda speechless (eh harusnya dia udah bisa sama ke-random-an gue). Dia cuma bilang "ya udah lo kesini aja dulu".

Sembari makan malam, sembari cari travel ke Bandung. Agak susah juga cari travel jumat malem karena biasanya udah full booked. Akhirnya gue memutuskan usaha terakhir yaitu naik bus dari terminal Baranang Siang Bogor, kalo emang gak dapat juga berarti emang belum jodoh ke Bandung malam ini. Lucky me! bus-nya ada dan siap jalan.

Random #2
Novel sama mp3 gue ketinggalan, jadi selama perjalanan gue gak ada hiburan, Alhamdulillah gue anaknya ngantukan, jadi yaaa tidur aja.. hahaha, cuma yaaa pas gue bangun, taraaaa.. masih di tol dalam kota --.-- Jakarta oh Jakarta!

Bus ini menuju terminal Leuwi Panjang. Ketika udah keluar tol gue mulai nyalain GPS gue untuk cari tau lokasi Hilton hotel Bandung. Di suatu perempatan si bus belok ke kanan yang mana kalo gue liat GPS itu malah menjauhi arah ke Hilton. Akhirnya gue memutuskan turun di situ, fyi itu udah jam 12 malam.

Gue tanya bapak-bapak arah ke Hilton atau Stasiun kalo naik angkot, eh si Bapak malah nyaranin naik taksi aja. Dalam hati gue, yailah pak kalo naik taksi juga mah gue gak perlu nanya... hehehe...eh tapi mungkin dia bingung juga kali yaa "mau ke hilton kok nya naiknya angkot :p" .. Hahahahaha

Akhirnya gue nyebrang ke tempat angkot ngetem dan naik angkot yang mana gue tetap harus nyambung lagi. Di suatu pertigaan gue disuruh turun dan nyambung angkot lain. Have no idea sih gue angkot apa yang harus gue naikin, pokoknya yang jurusan stasiun, iya stasiun Bandung karena Hilton deket stasiun.

Tapi dari beberapa angkot yang lewat belum ada yang menuju stasiun sampai ada satu angkot yang bukan tujuannya tapi mau ngelewati stasiun dan akhinya malah nganter gue sampai depan Hilton. Thanks to si Bapak Supir. Oh iya sebelum turun gue sempet ngobrol sama si Bapak tentang Tebing Keraton, menurut si Bapak lebih murah naik taksi daripada sewa angkot.

Random #3
Sampailah gue di Hilton jam 00.30 pagi. Ketika di resepsionis gue langsung pesen taksi untuk jam 4 pagi, dan pas ketemu wanda gue bilang "Wa, gue udah booked taksi untuk jam 4 pagi". Si Wanda cuma bilang "OK".

01.00 pagi udah mau tidur Wanda bilang "eh Ri, ini BBC nya tentang sejarah china, kayaknya bagus, kan lo suka tuh". OK instead of tidur kita malah nonton acara itu sampai selesai.

Seneng banget nonton BBC Knowledge, kayaknya lagi bertema tentang "the great empire". Cerita dimulai dari Raja Ying Zheng dari Dinasti Qin Tiongkok, yang bikin kerajaan dengan ribuan tentara dari tanah liat, ke Raja Ashoka India yang dari jahat banget berubah menjadi Raja yang dikasih gelar Kedamaian. Lanjut ke Roman Empire (empire sebesar sepanjang sejarah), Julias Caesar, Clepoatra Dinasti Umayah, empiranya agama Nasrani dan Yahudi, ke kerajaan terbesar Nazca yang pernah ada di Peru dan sekarang sudah hilang sama sekali. Terakhir ke Nabi Muhammad yang menceritakan tentang Bilal bin Robah, orang yang pertama kali mengumandangkan Adzan.

Asliek gue suka banget, yang tadinya udah ngantuk parah langsung melek nonton ini. Alhasil jam 2 pagi kita baru tidur.

Tebing Keraton, Taman Hutan Raya
Jam 4 pagi gue ditelpon resepsionis bilang kalau taksinya udah datang. Sebenarnya masih ngantuk banget, tapi kadung niat akhirnya tetap bangun.

04.30 kita baru jalan dari hotel. Sebenarnya gue gak tau sih lokasi Tebing Keraton ini pastinya dimana, cuma berbekal info dari web nya si @pergidulu yang bisa dilihat disini kita pede aja bilang ke pak supir tempat dimaksud.

Kalau dibilang jalan kesana masih jelek, iya emang! Alhamdulillah supir taksi gue baik banget, dia mau aja donk terus jalan walapun udah beberapi kali denger suara mesin kepentok. Pak supir nganter kita sampai tempat yang udah deket banget sama tujuan. Terima kasih banyak Pak Supir Taksi Blue Bird, jasa mu takkan kami lupa! (^___^)

Udah aah gak usah banyak cerita, liat foto aja yaaa... speechless cantiknya!
*Fotonya gue edit sih pake menu "drama" di Snapseed, tapi aslinya cakeeeppp....

Sekarang ini  masuk ke Tebing Keraton bayar. Rp 11.000,- untuk turis lokal dan Rp 76.000,- untuk turis asing yang ditetapkan mulai 1 Agustus 2014. Denger-denger sih yang mengelola tempat ini sama ama yang mengelola tempat wisata Maribaya.

Ketika gue kesana banyak anak muda, nampaknya mahasiwa mahasiswa Bandung yang ingin hiburan murah meriah.

Pas udah puas dan mau balik bingung gimana caranya. Akhirnya nawar ojek untuk nganter sampai ketemu angkot. Ajegile mahal bingits 1 ojek Rp 40.000 (hasil nawar dari 50.000). Tiga ojeknya Rp 120.000,- kan. Padahal taksi dari Hilton argonya aja cuma Rp 55.000 dan bisa bagi 3 -.-. Karena gak ada pilihan lain jadinya ya udah aja diiyain.

Dari ketemu angkot kita naik angkot sampai terminal Dago terus nyambung yang kearah stasiun.

Blue Doors Coffee
OK jadi kepengan ini sebenarnya udah lama, tapi gak sempet-sempet realisasiinnya. Akhirnya pas kebetulan barengan di Bandung kita niat jadi tempat ini for the sake of Audrey Hepburn.
Pertama kali tau tempat ini dari IG nya @indohoy, dan pas browsing muncul di blog nya @pergidulu, Susan Adam merekomendasikan 7 tempat Ngopi di Bandung dan salah satunya Blue Doors Coffee. Lengkapnya baca 7 Tempat Ngopi di Bandung.

Secara tanya sama petugas hotel, mereka menyarankan naik taksi. Gue sama Wanda udah pasti males, kalau bisa naik angkot kenapa naik taksi yaaaa.. *antara sok petualang sama kere beda tipis* .. Hahahaha.

Dari Hilton naik angkot sampai Istana Plaza, lalu nyambung angkot ke Antapani dan minta turun di Jl. Gandapura. Gunakan GPS kalian untuk bisa tahu dimana tempat pastinya harus turun angkot. Kalau emang niat ngeteng naik angkot sih tips nya cuma satu, jangan takut nanya! Bekal gue cuma itu.

Blue Doors Coffee ini tipikal self-designed coffee shop yang cukup mungil. Suka sama konsep coffee shop ini, menurut gue "if you want more, do it by yourself". Jadi mereka menyediakan meja yang isinya gula cair, saos, gelas kosong dan air putih. Kalau kita mau nambah gula, air putih, atau saos ya ambil aja sendiri jadi gak merepotkan pelayan. *mirip-mirip starbucks sih*

Minuman favorite : Ice Coffee Magic (kopi hitam)
Makanan favorite : Rustic Baguette (sandwich)

Hal lain yang menarik selain mereka melukis wajah Audrey Hepburn di dinding adalah tulisan di gambar ini,

Random #4
Sekarang saatnya pulang. Karena dadakan otomatis baru pesen travel pulang saat itu juga. Bulak balik nyari yang paling cepet jalan ke Jakarta ternyata available cuma jam 3. Ada jam 2 tapi kudu waiting list, akhirnya kita memutuskan ke Xtrans Ciampelas untuk waiting list travel yang jam 2, alhamdulillah dapat.

Pulanglah kita ke Jakarta dan kemana tujuan selanjutnya?

Nonton Annabelle!!!!

1. Ri...kekapan kita konser ke Bandung kita harus cari ini Blue Doors okey...ingetin gue...!!!

1. Hahaha baiklah, saya udah ke 2 cafe lainnya mas.. masih hunting lagi juga .. :))