Friday, April 22, 2011

Pangandaran, Green Canyon, Batu Karas - Februari 2011

It was my first trip in 2011 dan pertama kalinya pergi sama anak BapepamLK. Backpacker, ya you can call it backpacker. Dengan sepenuh hati berniat ke Pangandaran, Wanda akhirnya mencoba merealisasikannya. Nyari-nyari informasi gimana cara kesana pakai bus sampai ngumpulin orang yang mau ikutan. Dari sekitar 10an orang yang daftar, yang akhirnya benar-benar berangkat cuma 4 orang - Me, Wanda, Widut dan Tessa -. Hahaha, gak peduli juga sih..dikata cuma gw sama wanda yang bisa, ya berangkat kira berdua.

Pulang kantor jam 5 kita siap-siap. Barang yang gak perlu ditinggal dikantor dan ganti baju kantor dengan baju yang nyaman, hehehe tapi gw gak ganti baju sih secara males jadinya gw tetap pake baju kantor. Sebenarnya baju kantor nya yang gw sesuaikan biar bisa langsung gw pakai jalan tanpa ganti lagi..hihihi.

Dari kantor, kita dianter supirnya wanda sampai terminal kampung rambutan. Secara itu hari jumat yaaa, jadi macet aja donk dimana-mana, sampai terminal udah jam 7.30 malam, eh bukan ke terminal deng, kita ke Makro dulu karena ada beberapa barang yang harus dibeli + makan malam. Setelah beli-beli, makan malam dan sholat kita bergerak menuju kampung rambutan. Kita gak nunggu didalam terminal nya karena berdasarkan informasi kalau diterminal suka dikasih harga calo yang bisa lebih mahal 2x lipat. Kita nunggu bus BUDIMAN yang langsung ke Pangandaran, tapi ternyata bus terakhir Budiman ke Pangandaran udah berangkat dari jam 8. Kecewa banget, tapi gak mungkin donk kita pulang begitu aja cuma karena gak ada bus yang langsung. Akhirnya kita disuruh supir nya wanda naik bus yang ke garut trus nanti turun di Nagrek, dari Nagrek nyambung bus ke Pangandaran. Kata supirnya Nagrek itu tempat makan dan akan banyak bus dari sana yang ke Pangandaran.
Inilah tampang pulang kantor yang siap backpacker..
Berbekal kepercayaan penuh ke Pak Ipit (supirnya Wanda), akhirnya kita naik bis ke Garut (Lupa nama bisnya apa, Budiman juga kayaknya). Ini bis yaa, sumpah nyebelin abisss..jalannya lama bgt, nunggu penumpang gak selesai-selesai. Pas masuk tol kita kira udah akan langsung menuju tempat tujuan, eehh.. ternyata dia muter lagi aja donk kearah terminal dan nyari penumpang lagi (-.-") Jedeng! sebel mampus deh kita semua karena merasa perjalanan masih sangat jaauhhhh!!. Sebenarnya pas udah didalam bus kita lihat bus Perkasa Jaya yang ke Pangandaran langsung, tapi karena tanggung udah dijalan kita malas turun untuk pindah bus. Pas masuk tol untuk kedua kali nya, gw liat jam dan itu udah sekitar jam 10an. Yup, perjalanan kita baru dimulai jam 10 malam menuju pemberhentian pertama Nagrek!.

Tepar diperjalanan gw akhirnya memilih banyakan tidur dibanding bangunnya..aahh, emang dasarnya aja tukang tidur, Ri! :P hehehe. Malam dini hari kita diturunin di Nagrek pas cek jam ternyata jam 2 pagi saja! Turun dari bus kita semua shock..Jeng Jeng Jeng! gak ada bus sama sekali yang lagi berhenti ditempat makan itu, mampus gak!. Jam 2 dini hari out of nowhere, sepi dan kita berempat itu cewek semua!. Agak panik sih saat itu, cuma gwa ama wanda gak mau nunjukkin karena takut dibegoin orang..hahaha, tampangnya aja udah teler bego gitu padahal! (^_^). Akhirnya kita coba tanya sama ibu yang jualan disitu dan mereka bilang bis ke Pangandaran udah abis gak lewat lagi. Wow wow wow tambah panik sejujurnya. Tiba-tiba ada bus Budiman datang, kita disuruh naik bus itu aja ke Banjar trus nanti nyambung lagi ke Pangandaran. Pas kita tanya ongkosnya ternyata 45rb..mungkin sebenarnya terhitung murah, tapi gak buat kita karena kita udah punya budget dari Jakarta - Pangandaran maksimal itu 75rb (derita CPNS masih honorer..hahaha). Ongkos yang udah kita keluarin itu 35rb/org brarti masih sisa 40rb lagi. Setelah berpikir kita memutuskan gak naik bus Budiman itu dengan alasan 1. gak ada penumpang sama sekali di bus itu. 2. ongkosnya mahal. 3. lama nunggu supirnnya yang mau makan + istirahat dulu. Kita memilih untuk minta bapak-bapak berhenti mobil yang lewat aja. Walaupun susah sebenarnya karena bus yang lewat itu kenceng-kenceng banget, alhamdulillah ada juga yang berhenti. Entah nama bus nya apa, pokoknya itu bus menuju Banjar. Naiklah kita ber4 dan alhamdulillah lagi ongkosnya cuma 20rb. (^-^)

Hula Setelah vakum hampir sebulan, mari kita balik lagi ke cerita backpacker Pangandaran.

Kemarin cerita nya sampai di perjalanan dari Nagrek menuju Banjar..Hohoho ini dia niyh, perjalanan yang bikin posisi tidur gw sama Widut berubah bentuk berkali-kali..hahaha, pasalnya yaa pan itu udah malam dan kita have no choice, jadinya kita berempat dapat tempat dipaling belakang. Sumpah itu bis sempit banggeeddd!! udah tau sempit bapak2 depan gw tidur sambil mundurin senderan kebelakang, ya ampun Pak! tolong deh considerate sedikit *norak baru tau istilah considerate, hahaha*. Tapi bagaimanapun tempat duduk gw dan widut, kita berdua tetap bersikukuh untuk tidur! *dasar tukang tidur! (^_^). Ditengah perjalanan, ternyata si Wanda dan Tessa pindah tempat duduk kedepan, ngeliat kursi sebelah kosong, si Widut pindah kesebelah, alhamdulillah jadi rada lega, tapi tetep tidur! hahaha. Setelah pindah, mungkin karena kosong kursi persis sebelahnya, si widut tidur dengan posisi bener2 tiduran didua kursi, ngeliat widut tidur kayak gitu, gw yang kursi persis sebelah kosong juga jadi ikut2an. Dan lo tau! gara2 itu gw hampir keterusan terminal banjar, kalau gak karena denger orang2 berisik mungkin gw akan tetap tertidur entah sampe mana, hahaha. Alhasil, pas gw kebangun udah bener2 diterminal dan gw kelewatan sunrise pertama! (-.-").

Sampai di terminal Banjar jam set.6an, sambil nunggu bus yang ke Pangandaran kita cuci muka dan sholat dulu sambil sarapan snack yang masih tersisa + foto2 *tetep!* :p. Nunggu sekitar set.jam akhirnya itu bus datang, perjalanan dari Banjar ke Pangandaran sekitar 1.5 jam-an. Kita nyampe di Pangandaran hari Sabtu jam 8 pagi. Nyampe di Pangandaran, tujuan pertama kita adalah nyari Penginapan. Uhuy, modal nekat sangat gak book dari Jakarta. Setelah sempet muter2 akhirnya kita nemu penginapan dengan harga 150.000/malam. Murah! tentu karena dibagi 4..hahaha..tetap donk saling berbagi. Tujuan wisata pertama kita Green Canyon. Kita kesana naik bis dari terminal Pangandaran sampai ke terminal Cijulang, dari terminal Cijulang kita naik Ojek sampai tempat wisata Green Canyon. Di Green Canyon sempat tergoda untuk body rafting, tapi karena saat itu air sungai Cijulang nya lagi coklat (harusnya airnya itu hijau bersih), kita memutuskan untuk nunda body rafting nya jadi besok dengan harapan malam ini gak ujan dan airnya gak terlalu coklat kayak hari ini. Akhirnya kita cuma naik perahu menyusuri Green Canyon, sampai diujung perjalanan (pertemuan antara tempat body rafting dan yang naik perahu) kita foto-foto tentunya, mengabadikan kalau kita udah pernah nyampe kesini..hehehe. Ini tempat sebenarnya lumayan oke, mungkin karena air sungainya lagi coklat aja yaa jadi gak keliatan bagusnya. Eh iya gw lupa cari tau kenapa tempat ini disebut Green Canyon, mungkin karena air sungai yang seharunya berwarna hijau dan karena disekelilingnya itu banyak hijau2 pepohonan (hehehe, ngarang sih ini gw!) (^_^). Baca disini aja ya temans.

Berperahu di Green Canyon

Green Canyon

Setelah berperahu di Green Canyon dan karena kita gak jadi body rafting, kita coba cari alternative wisata lain. Setelah ngobrol-ngobrol sama orang setempat, akhirnya kita memutuskan untuk ke Batu Karas, rencana naik ojek per orang tetapi orang setempat nyaranin kita naik mobil bak terbuka. Pas diitung-itung lebih efisien dan efektik, kita meng-oke-kan diantar mobil bak kebuka.

Batu Karas
Sampai di Batu Karas, as usual ya kita foto-foto lah yaa.. Nilai plus dari jalan-jalan ke Batu Karas diantar mobil bak kebuka adalah, ternyata si supir tau tempat oke nan bagus gitu dibalik bukit, perjalanan kesana ada sih sekitar 15 menit dan naik turun bukit. Tapi pas sampe disana hilang sudah cape nya.. gak nyesel, sumpah pemandanganya keren abies.. dan tempatnya itu seeepiii... belum terjamah banyak orang... hehe... Lumayan lama sih kita foto-foto disana, tapi karena ngejar sunset di pantai pangandarannya jadi kita gak nunggu sunset di Batu Karas, padahal bagus kali yaa sunsetnnya kalau disini.. hehehe...

Inilah kami dan mobil yang mengantar kami ke Batu Karas (^_^)

Hidden beach

Hidden Beach

Hari terakhir kita di Pangandaran we did not have many things to do, setelah berbecak ria mengejar sunrise..hohoho.. bagus juga sunsire nya tapi sayang rada mendung..kita beli oleh-oleh..kreatif juga orang Indonesia yaa..banyak cinderamata yang dijual dengan ornamen kerang, pasir, bintang laut, dll. Lucu lucu banget dari mulai kaca, frame, pajangan, semuanya lucu, pengen beli semua.. Halah!! ;p
Pulang dari belanja kita gak jadi body rafting, karena semalamnya hujan, jadi curiga air cijulang tetap coklat-coklat gitu. Akhirnya setengah harian itu kita main-main di Pantai Pangandaran, foto dan berenang.
Sunrise di Pantai Timur Pangandaran

Pantai Pangandaran

Setelah Dzuhur, kita bersiap-siap pulang. Setelah makan siang di warteg terminal, ciieehh uhuy! (^_^) kita mulai tanya-tanya bus Budiman yang ke Jakarta. Dan ternyata bus Budiman yang ke Jakarta itu berangkatnya set. 7 malam. Jedeng! gak mungkin donk kita nunggu Budiman yang ke Jakarta, bisa gak kerja besok..hohoho, tapi alhamdulillah ada bus Budiman yang ke Bandung. Kita memutuskan naik bus itu dan berharap dari Bandung ke Jakarta lebih gampang.

Pemandangan Pulang...

Bus Budiman yang mengantar kita sampai Bandung
Nyampe bandung jam 7 malam, seperti biasa karena gak pake prepare, kita telepon travel baru pas nyampe Bandung. Alhasil semua travel full karena itu peak seasonnya orang pada balik ke Jakarta. Huwaa, mulai panik..udah hampir semua travel di telepon dan semua nya full, ada X-tranz tapi waiting list dan jam 11 kita baru disuruh balik ke travel lagi. Bermodal nekat, jam 11 kurang kita balik ke x-tranz dan alhamdulillah kita bisa pulang ke Jakarta..Hore! dan sampailah kita di Jakarta jam 1.30 dini hari...doeng doeng!