Tuesday, November 6, 2012

On-air & Being Published


Being Published
OMG.. Hehehe, ternyata udah 3x gue muncul di Koran dan Majalah..hihihi

#1 Jaman SMA gue pernah di wawancara Suara Pembaruan tentang profil anak muda dan cita-cita. Saat itu gue lagi datang ke acara musik di Senayan sama sepupu. Tiba-tiba gue disamperin reporter Suara Pembaruan gitu dan diajak ngobrol. Dan jeng jeng, di terbitan berikutnya muncullah nama gue dengan foto full body, sampe dikirim korannya kerumah.. Hahaha, intinya dsitu gue bilang cita-cita gue mau jadi radio announcer. Kejadian ini sudah sangat lama, jadi gue udah gak tau itu koran kemana, sempat gue simpen sih. Tapi karena sering pindah rumah beberapa kali, jadilah gak jelas kemana. Hehehe...

#2 Sekitar awal 2011, tiba-tiba gue dihubungin sepupu yang jadi contributor The Jakarta Post Magazine untuk bantu dia buat artikel dan jawab beberapa pertanyaan tentang muslim women. Wew, merasa belum menjadi muslimah yang baik jadilah gue jawab sebisanya. Dan sepupu gue ini juga minta tolong cari temen lagi untuk jawab pertanyaan ini. Awalnya gue kasih nadia, cuma karena saat itu nadia lagi sibuk ngurusin Eropa dan gak sempet, akhirnya gue kasih ke mba Anis. Dan setelah terima jawaban Mba Anis, Dang! Langsung jiper gue. Asli jawabannnya bagus banget!! Mba Anis, my role model memang muslimah yang baik. Ya, bagaimanapun juga foto gue yang dipajang tetap besar dunks, walaupun jawabannya gak sebagus mba Anis.. Hehehe...




#3 Awal tahun 2012 gue dihubungin temen gue yang iparnya kerja jadi reporter di Koran Republika. Katanya saat itu mereka lagi buat artikel tentang traveling dan gue diminta bantuan untuk jadi narasumber. Akhirnya berhubungan lah gue dengan si Ipar. Dari hasil korespondensi email, intinya si reporter lebih minta gue untuk fokus ke perjalanan luar negeri dengan tiket-tiket murah yang pernah gue dapat. Awal kalimat pembuka nya gue disebut "traveler aktif"..beh bahasa media memang suka berlebihan (hehehe, maap ya Sarah dan editor Republika), padahal saat menjawab pertanyaan gue gak pernah me-label-kan diri gue 'traveler aktif". Karena kalimat pembuka ini gue sempet di-protes beberapa temen..Hahaha itu bukan gue yang nulis ya kaaaan.. Tau sendiri media sekarang kayak mana!. Kolom ini bukan kolom utama, hanya selingan yang berisi dua orang. Pertama gue yang lebih fokus ke perjalanan luar negeri, kedua Andina yang lebih fokus ke perjalanan dalam negeri. Dan...ternyata si Andina yang dimaksud itu temen RTC gue, sungguh sempit dunia kawan!. Seharusnya gue punya potongan foto dari koran ini, tapi gak ketemua, will upload later lah ya..


On-air
Sekarang ke dunia per-radio-an. Jadi dulu ini gue juga sempet bercita-cita jadi penyiar radio (random banget cita-cita gue). Sempat nge-lamar jadi DJ Kamoe malah.. hahahaha. Kayakya dulu gue kalah di Bahasa Inggris deh, jaman SMA bahasa inggris gue masih cu to the pu....hihihi. 
Jaman kuliah melamar lah gue ke RTC (Radio Kampus), saat itu gue melamar dua posisi. Penyiar dan Reporter. Tak diterima jadi penyiar, jadi reporter pun kujalani dengan sepenuh hati..cocoknya memang dibelakang panggung sepertinya :)

#1 Sebenarnya ini bukan on-air secara langsung, tapi hasil reportase gue dari liputan Megalitikum Kuantum (Ulang Tahun ke-40 salah satu Media). Saat itu sang EO Media minta liputan ini di-siarin secara langsung. Jadilah gue dengan cara yang masih amat sangat manual harus on-air via telepon di RTC. Ini kali pertama gue on-air. 

#2 Selama di RTC, gue pernah ikutan siaran dalam rangka ulang tahun RTC yang mana seluruh kolega (sebutan untuk staff) harus ikutan siaran dan memperkenalkan diri mereka dan siapa mereka dalam keluarga RTC. Gak lama sih siarannya, cuma gue seneng banget karena ini kali pertama gue on-air beneran.

#3 RTC itu punya off-air event bernama Backstage. Semacam acara kompetisi musik. Tau Nidji kan? Dulu mereka juga lulusan Backstage. Singkat kata ditahun 2005 gue jadi wakil ketua acara ini. Kalo acara kan ada bagian me-marketing-kan acara kan yaaa...saat itu gue harus gantian sama ketua acara untuk on-air di Radio Ibu Kota. Bukan jadi penyiar sih, cuma jadi guest...tapiii senang aja gitu on-air di radio beneran sekelas Trax FM..ihiiirrrr... hehe *norak kan*. Lebih seneng lagi ketika temen gue ada yang bilang  "Gue tadi denger di Trax ada yang promosiin acara RTC". Gue jawab "iya tadi gue ke Trax". Temen : "ooh tadi elo Ri yang on-air, gue kira penyiarnya".. Hahaha berarti karakter suara gue 11 12 lah ya sama penyiar *Pe De* :p

No comments:

Post a Comment