Saturday, November 3, 2012

Menulis dan Tulisan

Ini kali ketiga gue ganti judul blog. Judul pertama, sesuai dengan link blog "Me Myself and The Journey". Tapi suatu waktu gue merasa semua isi blog ini lebih ke curhatan gue doank. Akhirnya gue ganti lagi ke "Curhatan Traveling". Baru-baru ini gue merasa kenapa gue harus mempersempit judul blog ini, padahal kan bisa jadi gak melulu soal traveling dan karena sebenarnya gue pengen share hal-hal lain. Alasan inilah yang membuat gue mengubah lagi judul blog gue jadi "Hanya Sebuah Cerita".

Sebenarnya dari SD gue ini udah dilatih nulis sama bokap melalui surat menyurat. Yap, sewaktu SD bokap sering banget nyuruh gue kirim surat ke tante yang di Pekan Baru sambil ngelatih gue yang baru bisa nulis ceritanya. Gak sampe dapat sahabat pena sih, tapi dimulai dari situ sepertinya kesukaan gue akan nulis.

Ketika SMP dan SMA, entah gimana ceritanya gue sering bikin cerita pendek non-fiksi gitu. Dulu belum punya komputer, jadi semua cerita itu gue tulis tangan *niat*. Pernah gue kirim salah satu cerita ke majalah KawanKu, lupa sih sampe dimuat atau gak. Sepertinya sih tulisan gue saat itu belum layak dimuat dimajalah sekaliber KawanKu..Hehehe :p


Ketika SMA gue bergabung ke ekstrakulikuler AKSARA yang kerjaaannya bikin majalah sekolah dan majalah dinding. Pengalaman gue yang berhubungan dengan jurnalistik dimulai dari sini. Dari mulai nyari tema, nyari berita, liputan, sampai urusan cetak mencetak pun jadi tanggung jawab kita. Dimasa-masa inipun gue masih suka bikin cerita pendek yang cuma untuk konsumsi gue sendiri..Hahaha. Tapi tiba-tiba sempet mandek karena pertanyaan temen se-tim AKSARA. Jadi dulu gue pernah nulis cerita tentang cewek super duper ceria dan semangat dalam ngejalin hidup, sampai temen-temennya itu salut dan sering nanyain resepnya apa. Potongan pertanyannya (sepertinya kayak gini yaa..) "Gue salut deh, kayanya elo selalu cerita dan semangat gitu, resepnya apa sih?." Cerita ini belum selesai gue tulis sampai suatu waktu ketika lagi ngerjain majalah yang udah deadline mau terbit, salah satu temen se-tim gue nanyain pertanyaan yang sama kayak di cerpen gue dan si "elo" merujuk ke gue. Ketika ditanya itu, gue sempet bengong! Hahaha, sungguh bingung. Gue cuma jawab seadanya dan basa basi. Sejak itu jadi malah takut buat bikin cerita fiksi lagi +___+.

Kuliah...beh, udah gak ada waktu deh buat nulis-nulis cerita pendek lagi. Tapi gue masih sering nulis dalam bentuk curhatan yang gue post di blog friendster (jaman kuliah si gue yang gaptek ini belum kenal blog sungguhan). Tapi gue pernah 2x kali diminta nulis untuk Buntelan (buletin apa gitu... buletin kampus lah). Ada dua topik yang gue tulis, pertama tentang pengalaman gue dengan judul "Diary Live-in". Kedua, tentang informasi yang bikin gue kudu interview beberapa narasumber, judulnya tentang "All about Asdos". Emang sih tulisan gue gak pernah komersil, tapi dipercaya untuk nulis buat kampus lumayan kan yaaa...
Tahun terakhir pernah deket sama Humas Fakultas dan beliau pernah minta gue untuk bantu-bantu di majalah fakultas. Too bad itu tahun terakhir gue yang mana gue sibuk ngurusin kelulusan gue. 

Dikampus gue juga berhasil jadi reporter radio kampus 107,9  RTC UI FM (horay horay horay!!! asli seneng banget!!). Jangan dipikir jadi reporter itu kerjaannya cuma liputan dan masuk acara gratis (ini cuma salah satu keuntungan reporter), hasil liputan itu harus kita tulis juga loh. Nulis hasil liputan untuk majalah beda banget sama nulis script liputan untuk radio. Nulis majalah untuk dibaca langsung, sedangkan nulis script liputan untuk diomongin sama penyiar. Bahasanya pun menggunakan bahasa lisan bukan bahasa tulisan. Sekadar sharing, kalau nulis titik di script pake '//' sedangkan kalo nulis koma pake '/'. Belajar juga tentang broadcast clock, teknik wawancara, teknik siaran, teknis musik director, dan banyak lagi. Entah berapa banyak ilmu jurnalistik yang gue dapat dari sini..terima kasih sangat RTC!!. (fyi waktu jamannya spmb, cadangan gue itu D3 broadcast yang gak berhubunganya sama IPA gue..hahahaha eh akuntansi juga gak berhubungan sih..)

Beranjak kerja, udah lupa tuh sama tulis menulis..hihihi secara gue kerja di Kantor Akuntan Publik sebagai Konsultan yang jam kerja amat sangat tidak bisa diprediksi. Nulis sih nulis, tapi nulis report, nulis email, nulis WP.. hahahaha. Awal-awal kerja masih sering update blog friendster yang isinya cuma curhatan doank..hehehe. 

Setelah 4 tahun 10 bulan di dunia per-KAP-an gue akhirnya resign, jadi apa?? Jadi PNS saja sodara-sodara...hahaha skip cerita tentang perpindahan ini. Dikantor baru ini gue kenal sama temen yang suka nulis blog, tetiba kepikiran untuk nulis lagi. Posting-an pertama disini. Sejujurnya blog ini tidak dikhususkan untuk traveling doank, tapi kebetulan hal yang 2 tahun terakhir paling sering gue lakukan ya traveling jadinya hal inilah yang paling banyak di posting. Dan sebenarnnya gue ada blog satu lagi, tapi yang ini restricted (biasalah curhatan doank isinya), tapi ada beberapa yang umum dan akan gue pindahkan ke blog ini. That's why judul "Hanya Sebuah Cerita" lebih cocok. Ya sebuah cerita kecil dari pengalaman dan pemikiran gue. 

Di twitter @windyariestanty pernah nanya, ada gak diantara kalian yang pengen jadi jurnalis?. Dan gue jawab @ririsagita saya! waktu kecil pen jadi jurnalis karena novel LUPUS, walaupun cuma pernah jadi reporter radio kampus, but that's the nicest job ever!.

Begitulah sekelumit cerita gue tentang dunia tulis menulis. Semoga suatu saat salah satu tulisan perjalanan gue ada yang bisa muat dan gue bisa on-air bercerita tentang pengalaman perjalanan gue. Aamiin.
Happy reading!!

No comments:

Post a Comment