Wednesday, June 8, 2011

Ujung Genteng - May 2011

Ahey back to perjalanan gue ditahun 2011 ini. Setelah Pangandaran, gue dan teman Bapepam memutuskan untuk ke Ujung Genteng. Sejujurnya gue sudah lama ingin ke tempat ini, tapi belum kesampaian, dikantor lama gue gak banyak yang suka backpacker + rencana pergi sama anak Arghjata pun belum kesampaian, sama temen-temen SMA banyak banget dah hambatannya..Hehehe. Alhamdulillah tahun ini gue bisa merealisasikan salah satu keingan gue.

Rencana ini pun sempat mengalami hambatan beberapa kali, yang gue ada meeting, ujian Belanda, dll. Akhirnya kita sepakat pergi setelah gue ujian Belanda, kali ini yang pergi - Gue, Wanda, Widud, Rizka -. Sebenarnya perjalanan ini gak bisa dibilang full backpacker, rencana tiba-tiba berubah dari pergi Jumat malam naik bus, jadi sabtu pagi naik mobil Wanda dengan Widud sebagai supir. Malamnya nginep dirumah Wanda biar besoknya langsung berangkat pagi-pagi. Tapi karena gue sempet nemenin Nadia dulu ke GI, gue nyusul kerumah wandanya. Berbekal keingan gak mau naik taksi, gue nyambung-nyambung bus kerumah Wanda. Dari GI naik 213 ke perempatan pramuka, dari situ nyambung bus ke Terminal Pulo Gadung. Hohoho, jam menunjukkan jam 11 malem saat itu. Dari terminal Pulo Gadung have no idea mau naik apa kerumah nya Wanda, ingin naik taksi ternyata gak ada taksi yang oke. Tukang Ojek pun menggoda minta dinaikin, Hahaha naik ojeklah gue. Ternyata kerumah Wanda itu ngelewatin pabrik-pabrik..Jauh bet dah! dan gue sama sekali gak tau daerah situ. Dikata disasarin sama tukang ojek, gue juga gak tau. Bismillah aja deh gue naik itu ojek. Alhamdulillah ojek ini baik, gue diantarkan dengan selamat. Nyampe rumah Wanda jam 11.30 p.m. bersih-bersih dan siap-siap tidur. Sebelum tidur ternyata Widud udah datang, dan ngakak ketika tau dia bawa KOPER!. Bwahahaha mau kemana neng, ini pergi cuma semalem...hadeh! :)

Sabtu pagi kita niat berangkat jam 4 pagi, tapi jadinya jam 6. Jedeng! Dengan mengucap bismillah kita mulai perjalanan ini. Dari Jakarta lewat Sukabumi. Diperempatan pelabuhan ratu kita sempet tanya orang arah Surade mau ke Ujung Genteng. Melihat kita semua cewek dan baru pertama kali ke Ujung Genteng, Bapak ini nunjukkin jalan lewat arah Pelabuhan Ratu, nanti ada pentunjuk jalan kata Bapak itu. Dibilang sih jalannya berkelok-kelok tapi rada bagusan katanya. Jadilah kita nurutin Bapak itu.
Beneran aja donk, itu jalanan kurang bersahabat. Udahlah berkelok-kelok beberapa rada rusak juga. Dan berdasarkan website perjalanan kesana sekitar 7-8 Jam, tapi entah mengapa kita berasa ini perjalanan lama banget. Sepanjang perjalanan kita udah melewati beberapa hutan dari mulai hutan karet, hutan pinus, sampai kebuh teh, sempet ngelewatin padang ilalang juga kayaknya. Lengkap sudah! Hehehe. Akhirnya sampailah kita didaerah yang bernama Jampang Kulon dan kita berhenti di Alfamart pertama yang kita lihat. Dari situ kita musti lewatin Surade dulu baru ke Ujung Genteng. Saat itu udah jam 2an gitu dan karena Lapar akhirnya kita makan dulu di Rumah Makan Padang. Oh iya, petunjuk jalan disini rada ajaib, dibilang lah Surade 25km trus udah lama jalan nemu petunjuk jalan Surade 22km, hadeh perasaan tadi udah jauh tapi cuma 3km doank (-.-"). Lainnya, ada petunjuk jalan ke Ujung Genteng 15km tapi belum lama jalan udah ada petunjuk kalo Ujung Genteng udah deket. Sepertinya orang sini kurang bisa membuat skala dengan baik dan bener.. Hahaha. Tapi alhamdulillah setelah melewati itu semua, sampai juga kita di Ujung Genteng sekitar jam 4an.

Sawah berbatasan dengan laut
Pantai di Ujung Genteng
Sore itu kita langsung ke Pangumbahan beach, tempat Penangkaran Penyu karena udah mau sunset dan acara pelepasan penyu sudah akan dimulai. Langsunglah kita sewa ojek untuk nganter kita, padahal dapat penginapan aja belum..Hahaha (-.-"). Kita gak jadi ke tempat sunset karena waktunya mepet, lagian mendung takutnya udah jauh-jauh malah gak dapat sunsetnya. Akhirnya kita ke Penangkaran Penyu doank. Jalan menuju tempat ini, beh.. jangan ditanya dah..gak jelas banget! katanya dulu cuma bisa dilewatin sama motor, cuma sekarang mobil udah bisa lewat walaupun jalannya sempit. Kita bener-bener jalan dipinggir laut trus lewatin rawa-rawa plus kalo air pasang bisa-bisa airnya sampai dengkul, alhamdulillah saat itu lagi gak pasang. Sampai ditempat sambil nunggu acara mulai seperti biasa sesi foto dimulai. Ombak ditempat ini cukup gede secara pantai selatan yaa, tapi gak tinggi-tinggi banget juga dan bukan tempat surfing. Jam 5.30 acara pelesan penyu dimulai. Ya ampun, you must see! Penyu nya lucu banget.. unyu-unyu! Halah :P. Acara pelepasan ini harus sekaligus banyak penyu karena kalau satu bisa lansung dimakan ikan pas nyampe dilaut. Kalau barengan lebih banyak yang bisa survive. Ketika pelepasan pun dikasih garis batas antara kita dan penyu yang akan dilepas, ketika udah dilepas kita gak boleh langsung maju karena takut ada penyu yang balik kena ombak trus ke injek kita...Huhuhu, dasar orang Indonesia susah dikasih tau, baru penyu nya dilepas..ehh udah pada berebutan maju, alhasih ada penyu yang keinjek anak kecil! (-.-") untung gak mati...huhuhu.

Sunset di Pangumbahan Beach - Mendung

Kami penyu kecil ingin ke Laut
Pulang dari acara pelepasan penyu..barulah kita mencari penginapan. Hahaha dan itu udah jam 6an lewat udah mulai gelap gitu..hihihi! Dasar cewek-cewek nekat. Alhamdulillah, akhirnya kita dapat penginapan juga, walaupun so so tapi mayanlah buat tidur 1 malam doank. Setelah makan malam kita istirahat tidur untuk bangun tengah malam liat penyu bertelur.

Tengah malam gue dibangunin Wanda. Dia tanya sms dari si tukang ojek yang intinya nanya jd mau liat penyu atau gak?. Mhhmm, could not recall the detail but this Tukang Ojek sms pake bahasa 4L4Y. Hahaha, butuh beberapa menit untuk ngerti, e.g. : Back = Mba, 2Q = Tuki (nama dia), Gaet = Guide, etc yang bikin lo ngakak" pusing dah kalo baca. Saat itu udah jam set.12 kalo gak salah. Akhirnya yang niat ikutan cuma gue sama Wanda. Naik ojeklah kita ke tempat itu penyu melewati jalan yang sore-sore kita lewatin, cuma ya itu tengah malam. Sumpah horor abiss! Gue baru sadar ditengah jalan, asli nekat banget ini gue yaaa..dikata tukang ojeknya mau jahat juga susah gue kaburnya, sampai sempet kepikiran lari ke laut. Astaghfirullahalazim jangan sampai, ketok-ketok meja!.

Sampai ditempat penyu, ternyata udah ramai tapi belum ada penyu yang naik. Akhirnya kita nunggu dipingggir pantai sambil ngobrol-ngobrol sama penjaga penyu. Sebenarnya obrolan kita panjang dan cukup bermanfaat secara gue bawel tanya-tanya, tapiii...again! short term memory loss, gue gak inget banyak apa aja yang gue obrolin...Hahaha :P. Intinya penyu-penyu yang biasa bertelur kesini most likely adalah penyu yang asalnya dari sini juga, it's like they have a good insting going back home. Dan penyu kecil-kecil yang dilepas pas sore itu kalau berenang bisa sampai Australia. Wow, berasa kalah ama penyu gue..Hahaha. Dan biasanya penyu dewasa banyak bertelur sekitar bulan september - october. Sekali bertelur prosesnya butuh waktu sampai 2 jam-an karena mereka menggali pasir dulu untuk nyari posisi bertelur yang oke.

Lama nunggu penyu gue tidur-tiduran yang akhirnya ketiduran beneran. Sungguh gak berasa, enak banget tidur diatas pasir putih. Dingin tapi gak bikin basah baju. Beneran pengen lagi!. Suasana malam itu pun romantis-romantis gimana gitu secara full moon aja! (sayang beduaan nya sama Wanda (-.-") hehe). Yang bagus nya lagi full moon itu seperti nyinarin sebagian laut, jadi kalau diliat kelaut seperti ada pancaran cahaya gitu. KEREN! sungguh. Kalo mau dibilang no picture = hoax terserah deh, soalnya gue udah berusaha foto itu pemandangan tapi gak berhasil.

Terang Bulan
Frustasi 2 setengah jam nunggu penyu gak datang-datang, akhirnya gue dan wanda memutuskan pulang, huhuhu sayang juga sebenarnya. Tapi tak apalah next time berarti harus berhasil liat penyu bertelur. Pas pulang kan gue nak ojek si 2Q ini, gue sempet bingung tiba-tiba dia nyambungin 2 kabel gitu, gue kira motornya rusak ternyata itu cara nyalain motornya musti disambungin 2 kabel. (-.-") Sungguh kreatip kau 2Q!

Pagi nya, lagi lagi demi mengejar sunrise gue harus bangun so early in the morning. Abis sholat subuh langsung siap-siap kamera. Seperti tempat-tempat sebelumnya, kita harus ke sisi sebelah timur untuk liat sunrise dan itu sulit dijangkau dengan jangan kaki (a.ka. rada jauh). Jadilah kita menyewa ojek. Oh iya, sebenarnya ojek gue ini udah paketan. Jadi untuk nganter ke Penangkaran Penyu sore, Penyu bertelur tengah malam, sunset dan sunrise (antar jemput) itu sekitar 100rb/orang. Rada mahal sih ya, tapi kita gak punya pilihan lain selain ojek, bisa aja sih kalau mau naik mobil sendiri cuma pasti malas karena jalannya kurang bagus. Ada beberapa spot untuk liat sunrise, pertama deket pasar kedua dekat menara. Menurut gue yang paling bagus deket menara karena tempat itu di pinggir pantai banget tapi kita rada nyamping liat sunrise nya. Kalau yang dekat pasar gak ada pantai nya dari pembatas langsung laut, cuma disini udah jadi spot favorite selain lebih dekat kita langsung lurus ngeliat sunrise nya. Jadi kalau yang mau liat sunrise, bilang tukang ojek nya minta anter ke tempat yang dekat menara. but it's about preference sih, terserah kalian aja mau dari mana.

Awalnya kita udah hopeless karena matahari nya gak muncul-muncul, kita pikir mendung akhirnya kita cuma foto-foto doank. Tapi tiba-tiba ada setitik cahaya diantara gunung. Gue dan wanda langsung treak kegirangan. yeah, Matahari nya muncul! Dan sunrise disini termasuk salah satu yang bagus, sunrise nya gak langsung keluar dari batas cakrawala, tapi muncul dari balik bukit. Kalau diliat akan ada kombinasi antara laut, gunung, matahari dan awan. So cool! (^_^). Puas foto-foto, kita balik ke penginapan siap-siap untuk ke Muara Cipanarikan.

Awalnya ini tempat yang harus dikunjungi kalau kemarin sore liat sunset. Tapi tak apalah yang penting kita harus ketempat ini. Muara Cipanarikan ini lebih jauh dari tempat penangkaran penyu dan akses kesana tetap naik ojek secara jalan kesana lebih parah lagi. Bener-benar kiri kanan rawa, jalan lumpur, rada mirip masuk hutan gitu. Tambahan lagi pas udah mau nyampai tempatnya, jalan itu cuma bisa dilewatin satu motor yang mana sebelah kanan kita itu semacam danau rawa. Dan si tukang ojek ini bilang, di danau itu banyak buaya nya mbak..Dang! mendadak parno. Ya iyalah, buaya gitu yang nyium bau daging bawaannya pengen makan. Horor dah! Taapiiii..... pas udah nyampe, sungguh gak akan kecewa. The landscape was so beautiful. Pertemuan antara muara danau dan laut. Baguuussss!!!! Tempat ini sungguh sepi, mungkin karena aksesnya sulit dan waktu kita datang bukan jam mau sunset. Kebayang deh kalau sunset disini pasti bagus banget. Sungguh Indah cipataan Tuhan.

Muara Cipanarikan
Satu yang akhirnya kita pelajarin dari perjalanan ini, beberapa kali ketempat yang pemandangannya bagus harus selalu melewati jalan yang susah dulu, jelek, ancur, mendaki, jauh.. hahaha... dan kalo di analogikan untuk kehidupan sama aja yaa.. untuk mendapatkan sesuatu yang bagus dan baik, kita harus ngelewatin yang susah-susah dulu. "Berakit-rakit ke hulu bersenang-senang kemudian".
Setelah dari Muara Cipanarikan,kita siap-siap pulang karena mau mampir ke Curug Cikaso. Curug Cikaso ini terletak didesa Surade, jadi searah sama jalan pulang. Akses kesana lebih gampang karena banyak petunjuk jalannya. Sampai disana kita ditawarin beberapa alternative tempat pariwisata. Ada Curug Cikaso yang punya 3 air terjun. Ada Curug x yang lagi gak bisa dikunjungi (lupa namanya..hehe), ada lagi pariwisata pertemuan laut dengan sungai. Tapi yang terakhir ini waktunya cukup panjang dan biayanya rada mahal akhirnya kita milih curug cikaso aja. Biaya kapal kesana 80.000/perahu. Perjalanan ke Curug Cikaso Cuma sekitar 15 menit. Di perjalanan, kita sadar ternyata air sungai ini berwarna hijau. Dang! Jauh-jauh ke Pangandaran gak dapat sungai berwarna hijau, eh disini juga ternyata ada. Yang lebih kerennya lagi, awal kita naik perahu itu air sungainya masih coklat, makin dekat ke curug makin hijau. Dan ada semacam batas dimana peralihan antara air sungai warna coklat ke air sungai warna hijau, dan batas itu sangat jelas. Subhanallah.

Curug Cikaso
Pas nyampe sana pun cuma bisa bilang Subhanallah. Pemandangan air terjun nya cantik. (^_^)
Dan tetap eksis! (^_^)

1. Cuma pesen aja, pastiin lo pilih ojek yang motornya bukan mio ato motor2 matic lain kalo lo ga mau turun ditengah jalan dan berbecek ria :D

2. mau nanya dong,kalo pantai yang liat sunrise itu namanya pantai apa ya?

3. mau nanya dong,kalo pantai yang liat sunrise itu namanya pantai apa ya?