Tuesday, December 30, 2014

Visa Oh Visa

Di 2014, gue melakukan perjalanan besar 3 benua 4 negara yaitu Mesir, Yordania, Yunani dan Turki. Kenapa 3 benua? karena Turki merupakan bagian dari Benua Asia dan Benua Eropa. Sebagai penduduk yang memegang passport Indonesia, sungguh sangat disayangkan kita harus membuat 4 visa karena masing-masing negara membutuhkan visa yang berbeda. Sampai saat ini pemegang Indonesia Passport masih harus memerlukan visa untuk masuk ke banyak negara.

Visa Turki
Dimulai dari yang paling mudah dulu ya. Visa Turki termasuk mudah, bisa visa on arrival dan sekarang dipermudah lagi e-visa. Bisa buka website nya disini atau langkah-langkahnya bisa dilihat di blog temen langkah e-visa. Biaya visa turki 25 USD.


E-visa Turki
Visa Mesir
Kemudian Visa Mesir, sebenarnya gampang-gampang susah. Kemarin itu gue sempet harus bulak balik ke kedutaan karena tiket gue keluar mesir gak ke Indonesia melainkan ke Yordania, petugas kedutaan kasih saran agar tiket kepulangan langsung ke Indonesia saja. Gimana caranya? saat itu gue minta bantuan temen yang bekerja di agen perjalanan untuk bikin itinerary pulang dari Mesir ke Indonesia. Hotel bisa dibooking lewat booking.com, pilih yang pay later, no cancellation fee. Dikarenakan visa yang harus disiapkan cukup banyak, jadinya gue memilih yang multiple entry karena validity nya lebih dari satu bulan. Yap akhirnya selesai juga visa Mesir.
Secara umum syarat visa mesir
  1. Passport photo 4x6 (white background) (2);
  2. Plane Ticket;
  3. Hotel Reservation;
  4. Bank Statement for the last three months;
  5. Original Passport;
  6. Sponsored Letter from Company;
  7. Fee : Single IDR 320.000, multiple IDR 380.000.
Alamat kedutaan mesir : Jl Teuku Umar 68 Menteng Jakarta Pusat 12950, Tlp 021-3143440, 331141, 335350, Indonesia. Telp : +62 21 3143440



Visa Yordania (Jordan)
Selasai visa Mesir, lanjut ke visa Yordania. Ini pun sebenarnya mudah, kemarin itu 2 hari selesai.

Syarat visa Yordania
  1. One duly filled application form signed by the passport's holder;
  2. One recent colored photograph;
  3. Original passport valid for the at least six months;
  4. A company letter stating the purpose of the visit (business visa)
  5. Visa fee (cash only)
 Visa fee start from 1 April 2014:
  • Single Entry/one month        : Rp 900.000,-
  • Double Entry/three months  : Rp  1.300.000,-
  • Multiple Entry/six months     : Rp 2.500.000
The said fee are applicable to all nationalities. Please be note that citizens of Indonesia, Singapore, and Brunei Darussalam could also obtain the entry visa upon arrival in Jordan.

Nah sebenarnya masuk Yordania juga bisa VoA, tapi karena demi mempersingkat waktu di Bandara, jadi gue bikin visa dari Jakarta. Mahal yaa visa Yordania -.-.

Alamat keduataan Yordanian : Artha Graha Tower 9th Floor, Sudirman Central Business District, JL Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, Indonesia. Telp : +62 21 5153483

*notes : Ketika membuat visa, gue dikasih booklet tentang Jordan dan sekitar sebagai acuan turis yang mau kesana. Menurut gue ini penting, harusnya setiap kedutaan menyiapkan hal yang serupa untuk turis yang akan berkunjung dan bisa diberikan pada saat mereka membuat visa.

Visa Yordania (Jordan)

Visa Yunani (Schengen)
Nah ini yang cukup bikin pusing kepala. Pasalnya ketika gue browsing mengenai cara membuat visa Yunani, rata-rata gak ada cerita yang mudah. Hampir semua cerita disertai kerumitan meminta validasi / registrasi Kementrian Luar Negeri, Notaris dan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manuasi. Ada juga beberapa blog yang bilang kalau visa Yunani itu biayanya bisa sampai Rp 3.000.000,- "wew ini mahal banget yaa" ... tapi akhirnya gue memutuskan telepon langsung ke Kedutaan Yunani, menanyakan prosedur dan biaya. Disebutkan biaya visa hanya sebesar 80 Euro (untuk IDR nya akan disesuaikan dengan rate saat membuat visa, dan ini Keduataan yang menentukan, saat itu sekitar Rp 1.050.000,-).

Secara umum syarat visa schengen itu sama, bisa dilihat dibawah ini, yang membedakan adalah no.7 (lihat highlight kuning). Sebagai negara yang baru saja dilanda krisis besar, menurut gue wajar kalo Yunani memberikan penekanan lebih dalam hal Surat Rekomendasi Pekerjaan. Gue rasa mereka mau memastikan turis yang kesana benar mau liburan bukan untuk cari kerja, dan kerjaan di negara asal itu benar adanya dan terdaftar. Karena itulah syarat Surat Rekomendasi Pekerjaan harus disahkan oleh Kementrian Luar Negeri, Notaris dan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

VISA REQUIREMENTS INDIVIDUALS
1.     Holders of all types of passport have to provide their fingerprints while submitting their visa application at the Embassy of Greece in Jakarta.
2.     Valid passport for at least 6 months after the expiry of the visa and a photocopy of the passport.
3.     A copy of valid personal identity card (KTP) and family card (Kartu Keluarga/KK).
4.     Two most recent passport-size photos (4x6 - white background); one is affixed on the form. 

5.     A visa application form to be supplied by the Consular Section must be filled out in English.

- Since the processing is computerized, completing the application in a clear, legible way is of utmost importance. Illegible applications will be returned. Please write in capital letters, sign and ensure that the application is fully completed.

6.     A valid airline reservation printout.

- The ticket must have an exit or return date.

- The original airline ticket must be shown upon the collection of the passport.

7.     Reference Letter issued by the company where the applicant is working.

- The signature in the guarantee letter must be endorsed or certified .

- The person who signs the guarantee letter cannot be the same with the person who is being sponsored.
- The company must submit its Registration Certificate and Trade Permit Certificate. If the Company Registration Certificate has not been endorsed by the Department of Justice, it then must be certified by the notary public.
- The letter must specify the applicant's position, how long he/she has been working for, salary, and the return date to work.

8.     Applicants must submit proof of sufficient financial funds.

- Applicant(s) must produce the most recent original statement of his/her original bank personal account.

- If an original personal bank account statement cannot be submitted, a copy with the bank's authorisation must be presented (bank's official stamp).
- Copy of credit card(s).
9.     An applicant, not currently working in a company, must submit the same requirements as per paragraphs 6 and 7 concerning his/her immediate sponsor (father, husband, brother, etc.) together with the Family Card to prove his/her relationship with the sponsor.

10.  Personal travel insurance with minimum coverage of 35,000 Euros.

(This travel insurance has to cover emergency medical treatment by a doctor, medicines, urgent ambulance transportation and repatriation to home country if required). 
11.  Confirmed hotel reservation (confirmation is to be proved by the hotel voucher).
12.  Each visitor should be able to present, upon request by the immigration officer at the airport, the airline ticket as per paragraph 5 and a reasonable amount of money proportionate to the length of stay. Usually the amount should be no less than US$500.
13.  Mothers travelling with their children must submit a written permission signed by their husband. The signature must be certified by the notary public.
14.  Applications forms for minors must be signed by both parents. In case of sole guardianship, the guardian must sign and provide respective proof of sole guardianship. If the application form is not signed at the consular office, signatures of parents or guardian must be certified by the notary public.
15.  If application forms are not accompanied by the required documents, they will be returned. Should the application reach this office incomplete for a second time, the issuing of the visa could be refused.
 16. The process of the application takes approximately 14 (fourteen) days.


Sebagai orang yang ceritanya mau berusaha sendiri, dan berniat gak mau pake calo untuk membuat visa Yunani ini, akhirnya gue menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Sempet konfirmasi ke kedutaan, dan bertanya kalau gue bekerja di Pemerintahan (Kementerian Keuangan), apakah tetap harus melakukan pengesahan dokumen atau tidak. Saat itu mereka jawab tidak, minta cap dari kantor aja, cap Kementrian Keuangan. Namun gue tersadar, ealah sekarang kan gue di OJK bukan Kemenkeu lagi, gue bilang kalo kantornya Capital Market Regulator gimana...mhmm, dan ternyata di petugas kedutaan gak paham sama organisasi yang baru dibentuk ini. Beliau bilang biar aman, tetap dilakukan saja pengesahannya. mmhm Baiklah Pak Bu laksanakan! :P

Dokumen lengkap, gue langsung ke Kementrian Luar Negeri. Ada satu gedung khusus yang memang digunakan untuk proses validasi (bisa tanya satpam letak gedung pastinya). Sepertinya memang sudah biasa dan banyak yang minta pengesahaan dokumen Surat Rekomendasi Pekerjaan bagi yang akan membuat visa Yunani. Ketika gue memasukkan dokumen, seperti halnya petugas pada umumnya, si Bapak yang menerima dokumen menawari untuk membantu memintakan pengesahan Notaris dan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dengan biaya tambahan tentunya. Saat itu gue mulai memikirkan cost and benefit, dengan mengeluarkan kocek tambahan sebesar Rp 300.000,- gue memilih untuk dibantu (mengingat keterbatasan waktu untuk bulak balik ke Kemenkumham). Sekitar 2 hari selesai, gue langsung ke Kedutaan Yunani yang berlokasi di Plaza 89, Suite 1203 12th Fl, Jl. HR. Rasuna Said Kav X-7 No.6 Karet Kuningan Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta, 12940, Indonesia. Telp : +62 21 5207776.

Untuk bertemu konsular dan memasukkan aplikasi harus janjian dulu dengan petugasnya, nanti petugas akan tanya mau ke Yunani tanggal berapa lalu akan kasih tahu tanggal berapa kita harus datang ke Kedutaan. Ketika sudah datang, gue harus nunggu terlebih dahulu untuk pengecekan dokumen dan fingerprints. Alhamdulillah saat itu semua berjalan lancar walaupun sempet ada beberapa pertanyaan dari dokumen yang disampaikan.

Schengen visa, Yunani
Sekitar 2 minggu kemudian Visa Schengen sudah ditangan, alhamdulillah! Despite the complicated process, I got the lowest cost. 
Buat yang akan membuat visa Yunani, sebenarnya gak serumit cerita kebanyakan orang. Kita bisa buat sendiri kok, paling kalau minta  bantuan hanya bagian pengesahannya saja.

So, what are you waiting for? Happy Traveling!!






























































































































39 comments:

  1. mbak kok belum diceritain perjalanan yunani nya terutama santorini? teman sy ada yg jiper dengan persyaratan visa yunani sampe hangusin tiket istanbul-yunani nya. dan 2 minggu lalu sy juga hanya sampe turki padahal mupeng ke Santorini

    ReplyDelete
  2. Hehehe.. iya nih udah ditagih2 temen juga minta tulisan Yunani. Awalnya saya juga jiper pas mau visa schengen lewat Yunani, soalnya baca2 ribet gitu, tapi gak punya pilihan lain memang mau gak mau lewat sini karena cuma ke Yunani doank. Hayo semangat semoga lancar ngurus visa kalo mau ke Yunani nya.. semoga membantu yaa tulisan saya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mbakk...aq tunggu kisah santorini nya. kayaknya aq bakal ke yunani skalian keliling eropa, nabung dulu.hohooo

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. mbak, denger denger dari banyak org, bilang bila pergi sendiri ke mesir visanya ditolak. apakah benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sawilz, setahu ku tidak yaa.. Kemarin aku ke Mesir sendiri dan urus visa sendiri. Mereka sih gak nanya kita pergi sama siapa. Dan Alhamdulillah visa aku diapprove

      Delete
  5. Mbak...alhamdulillah nemu blog ini. Saya mau coba jalan ke Turki dan salah satu negara Yunani. Tadinya mau ke Italia tp kayaknya saya ganti ke negara yg deket Turki dulu deh. BTW, boleh nanya2 kah?

    1. Untuk validasi ke Kemenlu hanya surat rekomendasi dari kantor kan yah? bukan SIUP??

    2. Perlukah melakukan appointment online? untuk apply visa ke kantor kedubes Yunani?

    3. Apakah ada minimum budget yg mesti ada di tabungan per hari? saya rencana hanya 3 hari di Yunani. budget saya Rp10 juta aja sih. :( (Sudah book tiket dan penginapan)

    4. Gimana chance bikin visa via Yunani mbak?


    Ditunggu jawabannya mbak..makasih banyak.


    Salam,

    Putri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Putri,
      1. Kalau ada SIUP skalian SIUP nya juga, jadi ada 2 yang divalidasi, surat rekomendasi dan SIUP
      2. Iya, kamu harus telepon dulu ke kedutaannya, nanti mereka yang akan menjadwalkan untuk kamu, dan dipastikan dokumen sudah lengkap ketika kamu telepon.
      3. mmhm belum pernah ada statement resmi minimum budget, tapi biasanya orang ngambil rata2 yang ada ditabungan itu cukup untuk kamu liburan 1jt per hari. Misal kamu di Yunani 10 hari, kira-kira minimal 10 juta mungkin bisa. Tapi aku sendiri gak berani jamin yaa, karena di setiap kedutaan gak pernah mention balance yang harus ada di tabungan.
      4. chance nyaa... mhmmm aku gak berani bilang kalo keadaan ekonomi Yunani lagi collapse gini, coba-coba telepon kedutaan ada kendala gak untuk liburan ke sana dengan keadaan Yunani lagi seperti ini..

      Semoga membantu yaa jawabannya, good luck!

      Delete
    2. Wah, responnya cepet bangettttt....thanks a lot mbak...anyway, satu pertanyaan lagi dong ;D

      -apakah saya mesti harus sudah punya tiket PP atau boleh gak kalo baru bookingan tiket pesawat aja? (rencana itinerary tiket saya : Kuala Lumpur-Thira-Istanbul-Jakarta).


      Thanks again.


      Putri

      Delete
    3. Setahu saya yang penting ada tiket masuk ke Yunani dan tiket keluar Yunani nya... bookingan tiket pesawat termasuk dokumen valid.. coba aja..

      rencana pergi kapan?

      Delete
    4. Rencana bulan September sih. Dan mau coba apply bulan Agustus awal. Doakan sukses yah mbak. :)

      Delete
  6. Hai Mba Riri,

    Salam kenal, nama saya Enya. Saya ada rencana ke Yunani tahun depan. Saya agak bingung mengenai persyaratan mengenai SIUPP dan akte perusahaan. Boleh tanya, apakah kalau karyawan cukup dengan surat pengantar dari kantor saja sudah bisa? Apakah syarat SIUPP dan akte perusahaan berlaku untuk pengusaha? Mohon dibantu ya mba, dan terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Giena, salam kenal juga.
      Kalo dari persyaratan sih selain surat pengantar kantor, SIUPP/ Akta Perusahaan dibutuhkan. Menurut ku salah satu bisa kalo Perusahaan, Kalo Pengusaha lebih ke SIUPP nampaknya... dan jangan lupa dilegalisir Kemenlu dan Kemenkumham...

      Semoga berguna yaaa, terima kasih udah mampir-mampir ke blog (^__^)

      Delete
  7. Mbak riri Tolong dibantu advise, kmrn Aku baru Dari teuku umar Tp ditolak dengan alasan per may pemerintah mesir strict solo traveler Dan Katanya Kalo perempuan pergi sendiri Udah 90% disapprove walo saya nekat submit dokumen mala nanti kena Masa pemutihan. Hiks apa benar? Saya Udah Beli flight ticket padahal. To long pencerahan. Makasi

    Bole minta email address ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sawilz .. aduh ada kebijakan baru yaaa..
      Aku agak bingung sih musti ksh advise aja.. gak lebih baik kamu minta advise sama kedutaannya kalo udah beli tiket dan mau kesana enaknya gimana.. emang agak ribet sih urusan kedutaan..

      Coba googling2 lagi aja.. mgkn ada yg baru2 ini ke mesir.. maaf yaa aku belum bisa bantu banyak..

      Ema address : riri.sagita@gmail.com

      Delete
    2. Hi Sawilz baru inget.. dulu kayaknya pernah denger rumor emang agak susah visa mesir buat cewek.. tapi dari berita2 bukan dari kedutaan.. kalo emang kedutaannnya udah ngomong kayak gitu .. ya paling itu minta saran sama kedutaannya enaknya gimana.. mgkn mereka strict karena mesir masih rusuh kali yaa.. huhuhu sedih deh dengernya..

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Hi Riri.. Aku mau nanya, kalo misal aku kerja sama orang tua, truz surat2 biasanya aku yang bikin, aku juga ga punya NPWP, bisa ga ya pake punya orang tua? Terus tabungan better pake punya pribadi ato pake punya ortu? (sebenarnya rekening ortu juga atas nama saya dan dipergunakan untuk perusahaan) Bisa komen ga gimana baiknya? Untuk SIUP tadi, harus tetep disahkan di Kemenlu dll tadi? Thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya SIUP tetap harus ditandatangan oleh Kemenlu dll. Tabungan better pake punya pribadi, dan surat rekomendasi ditandatangan oleh orang tua. Saya pernah denger sih yang pergi disponsorin orang tua tapi biasanya untuk yang belum bekerja. Tapi menurut ku seharusnya bisa yaa, lampirin kartu kerluar juga aja kalo pake sponsor orang tua..

      Delete
  10. Mbak mau tanya... untuk legalitas dokumen di kemenlu biaya berapa yaa ?
    Dokumen yang dibawa selain yang akan dilegalisir, apa lagi yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokumen yang dibawa yang dilegalisir saja, dan biaya yang dikenakan ke saya waktu itu 300rb per dokumen. Bisa berbeda-beda tergantung orang yang mau bantu kayaknya... Semoga lancar ya proses-nya...

      Delete
  11. Mbak saya ingin keyunani tapi baca persyaratan visa kok nyerah saya mbak,,, apa Gak ada jalan lain walau mahal tp gak rempong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau gampang coba lewat tour agent, biayanya memang jauh lebih mahal. tapi kamu bisa jadi gak repot..

      Delete
  12. Hai mbak riri, mau tanya dong, kalau perusahaan keberatan memberikan siupp dan akte perusahaan, apakah cukup hanya dengan surat rekomendasi saja? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cukup atau tidak nya saya gak berani memberikan validasi. Sebisa mungkin sih didapatkan copy SIUPP nya. Kalau tidak bisa juga, mungkin bisa dicoba langsung pake surat rekomendasi kantor saja.

      Semoga berhasil :)

      Delete
  13. Hai Mbak.. saya ada rencana mau ke yunani bulan mei. terima kasih atas petunjuk nya.. saya akan ikut proses yang mbak lalui untuk apply visa.. semoga saya berhasil tanpa kendala. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaapp. semoga berhasil.
      terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  14. siang mbak, saya rencananya mau ke turki di akhir september ini, rencananya saya mau mampir ke santorini juga. Kira-kira disana ada visa on arrival atau harus urus visa dari sini yah mbak? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi.. Kalo untuk Yunani tidak ada visa on arrival. Visa harus dipersiapkan sebelum keberangkatan..

      Delete
    2. Hi hi.. Kalo untuk Yunani tidak ada visa on arrival. Visa harus dipersiapkan sebelum keberangkatan..

      Delete
  15. Hi hi.. Kalo untuk Yunani tidak ada visa on arrival. Visa harus dipersiapkan sebelum keberangkatan..

    ReplyDelete
  16. Hi hi.. Kalo untuk Yunani tidak ada visa on arrival. Visa harus dipersiapkan sebelum keberangkatan..

    ReplyDelete
  17. Hi hi.. Kalo untuk Yunani tidak ada visa on arrival. Visa harus dipersiapkan sebelum keberangkatan..

    ReplyDelete
  18. Hi hi.. Kalo untuk Yunani tidak ada visa on arrival. Visa harus dipersiapkan sebelum keberangkatan..

    ReplyDelete
  19. wah mbaj blognya sangat bermanfaat,
    oh untuk Personal travel insurance with minimum coverage of 35,000 Euros.
    ngurusnya dimana ya mbak yang nyediain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ngurus di Perusahaan Asuransi.
      Aku kemarin di Asuransi BCA.
      BCA life kalo gak salah namanya.
      Mohon maaf ya balasnya lama :'(

      Delete
  20. Mbak riri...itu pas fotonya mmg hrs kelihatan telinganya ya?
    Lg kendala bgt nih krn suami gak ada kntr di indo jd agak ribet...bisa gak ya mb melampirkan invitation letter aja krn ini acara undangan kntr? Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus keliatan telinga :'(
      MMhh bisa sih harusnya lampirin invitation letter acara kantor tapi kayaknya tetap harus minta surat jaminan dari kantor deh yang menerangkan kalo ini dibiayai kantor.
      Coba telepon kedutaannya langsung untuk kejelasan, mereka helpful kok.

      Terima kasih ya sudah mampir baca blog :')

      Delete
  21. salam mbak ryry...sorry to msg you. just wanna ask if u ever got this experience abt egyptian visa? if yes. lets say your visa expiration date is 10 July with duration of stay 60days.

    question:(1) if you landed and get stamped in cairo airport by 9 July, is it mean i need to get out from tht country by 10 July?
    OR(2) 60days duration of stay is counted from 9 July meaning approx 9 Sept?
    which one is correct?

    thanks.

    ReplyDelete