Sunday, May 29, 2011

Tanjung Bira, Liukang Loe, Makassar - November 2010

Rencana jalan ini berawal dari..mmhmm.. gw berencana untuk ketemu sama temen gw yang di Makassar sebelum Desember. Either di Jakarta atau di Makassar. Karena saat itu keadaan di Jakarta gak memungkinkan untuk ngobrol panjang lebar, akhirnya gw memutuskan untuk ke Makassar. Itupun akhirnya gw dapat kesempatan karena gw resign dari Deloitte (huhuhu..lho!!) untuk pindah ke Depkeu. Jadi gw abisin semua cuti gw biar gw bisa liburan - Not a literally liburan sih! --> Nah loh!.

Waktu itu gw udah beli tiket untuk di weekdays (lupa hari apa?) dan tiba-tiba gw liat facebook temen gw status nya tentang Tanjung Bira. Langsung lah gw update, ternyata dia bingung antara mau extend ke Bira atau gak, ihiy merasa ada temen yang mau ke Makassar juga akhirnya kita sepakat untuk pergi Bira, dan gw langsung change tiket gw jadi pulang minggu. Jiahh ini sih yang senang yang tinggal di Makassar, karena dia dari awal udah bujuk gw supaya pulang minggu bareng dia. Hahaha, akhirnya gw ganti tuh tiket tapi alhamdulillah alasannya bukan karena dia.

Gw berangkat kamis pesawat jam 5 pagi. Jedeng! niat amat yaa gwa.. soalnya selalu sayang buang2 waktu tiket kalau bisa dimaksimalin.. hihihi...Nyampe makasar jam 8, WITA, trus langsung ke kos-an temen gw didaerah deket panakukang. Seharian itu gw cuma muter2 kota Makassar yang notabene nya juga udah pernah gw kiterin sebelum-sebelumnya..hehe. Beneran gak jelas deh ini hari, dari mulai mall Karebosi sampai mall TranStudio. Ke Transtudio?? Gak donk tentunya, karena gw juga udah pernah kesana sebelum ini..hehe.

Perjalanan ke bira dimulai besoknya alias hari Jumat pagi. Ketemu temen gw, yang bernama Antho, didepan lobi Armais. Dari situ yang niatnya naik angkot ke terminal Malangkeri, jadinya naik taksi karena ternyata deket, jadi sama aja murahnya. Cumaaa!!! ini nih yang rada bahaya, pas masuk terminal,  belum pun turun dari taksi udah disamperin calo-calo terminal. Ampun deh Pak, parah banget yaaa!! ampe ada yang mau masuk mobil juga.. ckckck. Untung si Antho cowok -lho! lha iya lah nama Antho cowok, masa cewek..hehe- jadinya rada tenang dikit. Dari terminal kita naik yang namanya "pete pete". Intinya itu semacam mobil (kijang, phanter, AVP, dan sejenisnya) yang digunakan untuk transport ke terminal Bulukumba. Kalau lagi hoki sih dapat mobil yang bagus, tapi kalau gak, ya nikmatin aja deh ;P. Ongkos ke Bira sekitar 35 - 50 rban. Seinget gw sih gw bayar 35rb yaa, soalnya gw gak charter, kalau charter dan se-tim lo sedikit, jadinya malah lebih mahal. Perjalanan ke Bulukumba sendiri sekitar 4 jam-an. Kejadian #1, emang dasar angkot gak mau rugi, 35rb sih murah yaa, tapi ya itu, 1 mobil ber 10 + supir. Lo kebayang donk dibelakang ber4, ditengah ber4 dan didepan kalaupun bisa ber2, dipaksa ber2 sama si supir jadi total bisa 11 orang..ckckck! Itu perjalanan 4jam-an cukup menyiksa. Gw dan Antho duduk paling belakang dan sama2 di pojok, diantara kita ada 2 orang lagi. Untungnya gw dan Antho naik dari terminal jadi duduknya gak mau ngalah, kalau sempit bgt ya yang terpaksa ngalah yang ditengah...hahaha!. Kita berangkat dari Malangkeri jam 9 pagi dan sampai di Bulukumba sekitar jam 1an.

Dari terminal Bulukumba, kita nyambung "Pete -pete" lagi ke Tanjung Bira. Dari Bulukumba ke Bira harusnya gak lama yaa sekitar 1,5 jam-an doank dan ongkosnya pun 10rb saja. Tapi ya, secara gw dan Antho kesini juga ngeraba-raba dan modal backpacker, jadi pas di terminal Bulukumba kurang selektif milih mobilnya, asal murah naik. Hahaha "mure-han" dah!. Kejadian #2, ditengah perjalanan tiba-tiba mobil yang gw naikin ini berhenti cukup lama, sepertinya sih td ini carter-an gitu, trus lagi-lagi karena gak mau rugi, dia angkut penumpang juga. Saking kelamaan nya berhenti, hampir ngamuk gw dan Antho akhirnya dia merelakan gw untuk pindah mobil lain + disuruh banyar 5rb lagi kalo gak salah.. hadeh udah nunggu lama, pindah pun bayar! ya secara gw dan Antho niat banget ke Bira, jd kita nikmatin saja! (^_^). Kejadian #3, mobil yang kita naikin ini ternyata mobil orang-orang dari pasar di Bulukumba yang bawaannya segambreng grambreng, gw dimobil ini gak cuma ditemenin beberapa orang  tapi juga ditemenin sayur, cabe, bawang, sampai minyak tanah. Sumpah, super duper penuh ama barang itu mobil. Lagi lagi gw dan Antho sangat menikmati itu semua, super niat deh backpacker nya..hehe.  Kejadian #4, ternyata kalo yang angkut sayur-sayur itu seringnnya dianterin ketujuan masing-masing dengan ditambahkan beberapa ribu sama yang bersangkutan. Jadilah kita muter-muter dari mulai ke Pelabuhan yang mau nyebrang ke Pulau Selayar, ke pasar traditional sampai kerumah penduduk dan disuruh mampir pula..Hehe, "bu kapal Pak Ramli kita sudah menunggu, jadi kalau berjodoh barulah kapan-kapan kita mampir" (^_^). Dan karena itupun kita baru sampai Tanjung Bira sekitar set.4 sore..fiuh almost 7 jam dari Makassar ke Tanjung Bira but Happy!!

Ini dia nih mobil yang nganter kita dari Bulukumba ke Tanjung Bira

Kira-kira seperti inilah isi mobil kita
Pemandangan ke Tanjung Bira
Nah, sampailah kita di Tanjung Bira, dan disana pun Pak Ramli sudah menunggu. Sekarang saatnya kita menyeberang ke Liukang Loe. Oh iya, tujuan utama kita sebenarnya adalah Liukang Loe, pulau diseberang Tanjung Bira. Di Pulau ini hanya ada 1 penginapan dan yang punya Pak Ramli +62813.4257.8515. Per kamar nya dikenakan biaya 150.000 rupiah + antar jemput perahu dari / ke Tanjung Bira. Perjalanan ke Pulau in pun cuma makan waktu 15 menit. Dan diperjalanan nyebrang kita disambut Dolphin, sayangnya gak sempat ke foto. Hehehe. Menurut si Antho, Liukang Loe bagus. But Sure! you will not regret that you've ever been here. Tunggu cerita di part II nya yaa :P.

Tanjung Bira - Makassar
Harusnya ini ada Dolphin (^__^)

Sampai di Liukang Loe, kita disambut hamparan pasir putih (eaa, lebay..hihihi). Tapi beneran pemandangan bagus bener, gak mau ngelewati moment, gw dan Antho langsung hunting foto (FYI, gw membajak DSLR temen gw yang di Makassar, jadi bisa foto-foto bagus..). Sayang nya di pantai itu kita gak kedapetan sunset, karena sunset nya ketutupan tebing tinggi gitu.. Tapi kita tetep berusaha foto-foto dan berkeliling penginapan. Tiba-tiba, Jeng Jeng.. ternyata didekat penginapan kita itu ada kuburan. Huwaaa!!! Hampir aja gw tereak, rada-rada scary juga itu tempat. Alhamdulillah dengan niat backpacker kita yang kuat, kita gak terlalu mempermasalahankan begituan..hehehe, padahal rada takut juga ;P.

Liukang Loe

Yeah I Like this picture and the shadow

Liukang Loe - Another Side

It's like "Gunung diatas Gunung" (^__^)

Sore itu si Antho nyempetin snorkling. Tapi gw berasa masih jetlag perjalanan mobil 7 jam, huahahaha padahal males!. Jadinya gw cuma duduk aja nikmatin pemandangan pantai. Oh iya di Penginapan ini cuma ada 3 kamar yang sisanya diisi sama bule. Bule yang muda bernama Aime, Bule yang sudah berumur namanya Fiona, tapi tua-tua juga ini bule kuat banget snorkling nya. Sempet ngobrol-ngobrol sedikit sama 2 bule ini, ternyata mereka udah hampir keliling Indonesia Timur dan sangat suka snorkling + diving. Gw sebagai warga Negara Indonesia asli, rada malu juga ama nih bule 2, masa mereka lebih tau alam bawah laut Maluku dibanding gwa..hehehe. FYI, panduan mereka ternyata Lonely Planet Indonesia, dibuku ini ternyata banyak data-data penginapan murah dan bagus untuk daerah wisata Indonesia, yang bahkan lo gak tau nama penginapannya. Penginapan Pak Ramli aja ada, hehe, mungkin karena satu-satunya penginapan di Liukang Loe. Setelah ngobrol-ngobrol kita -Gw, Antho, Aime dan Fiona- sepakat untuk snorkling bareng besok pagi nya dan berburu HIU..uhuy! Gw hooh aja waktu si Pak Ramli cerita tanpa berpikir kalau HIU itu merupakan salah satu mahluk buas (-.-“). Nasib gak ada hiburan lain, gw sama Antho akhirnnya ngobrol-ngobrol dipinggir pantai, ahey! Gaya banget dah dan satu hal yang mungkin amat sangat langka lo liat di Jakarta, langitnya full of stars. Sungguh! Bintang dilangit nya cantik banget. Terpesona sangat deh gwa sama pemandangan langit malam itu (^_^).

Berjalan-jalan dan berfoto foto keadaan sekitar

Iseng..Hehehe

Cerita makan, secara cuma ada 1 penginapan dan gak ada tempat makan / restoran lain, jadi makannya dipenginapan Pak Ramli ini juga. Sekali makan 15.000 / orang dengan menu yang cukup lengkap dan enak untuk dinikmati.

Nasib lagi pergi sama beneran anak backpacker, pagi-pagi subuh udah dibangunin demi berburu sunrise. Hadeh!! Mata masih kriyep-kriyep ini udah disuruh jalan-jalan aja. But again! Apapun yang dilakukan ditempat ini, lo gak akan menyesal. Sunrise pagi itu gak keluar, sepertinya langit rada mendung, akhirnya gw berkeliling lagi dan mencoba mengenal penduduk sana. Balik berkeliling kita sarapan dan siap-siap snorkling. And I think that this is the best part of my Liukang Loe story – Snorkling time.
Pagi Hari

Gak dapat sunsrise nya..hehehe

Anak ini sedang mencuci baju..lucu!! Hihihi
Jam 9 pagi kita siap-siap snokling with Antho, Aime, dan Viona Sama Pak Ramli kita diajak yang rada jauh dulu, katanya sih buat liat HIU, untuk kesekian kali nya gw cuma hooh ngikut aja. Ditempat pertama ini kita nyebur kelaut yang cukup dalam, I mean gw gak melihat begitu banyak karang bagus, ada sih karang cuma yaa just karang without fish. hohoho, sejujurnya gw juga gak ngerti nama-nama ikan yang lucu-lucu itu gw cuma tau NEMO,,huahaha.. ketauan gaptek laut deh gw! dari hasil ngobrol kemarin intinya mereka sangat ingin melihat SHARK & MANTA (semacam ikan pari yang sangat besar dan cantik, gw juga baru tau istilah ini disini) + gw juga ingatkan untuk tidak mendekat kalau ada ikan Barakuda karena ikan ini beracun, liat bentuknya pun baru di kamera nya Antho, yaa at least gw tau do and don't nya. FYI yaa gw snorkling itu kudu wajib pake yang namanya life jacket, secara gw gak bisa berenang bow + kalo pake fin, sungguh membantu banget untuk bergerak. Setelah berapa menit muter-muter itu seputaran laut, gw memutuskan untuk naik ke kapal selain pemandangan bawah laut nya so so, kita juga gak berhasil liat Shark. Ketika kita udah dikapal, tiba-tiba Aime tereak "I saw Shark". Yap, reflek gw, Antho, Fiona dan Pak Ramli pake peralatan dan nyebur lagi ke laut. Sumpah ya entah kekuatan darimana yang bikin gw berani. Dilaut yang cukup dalam, gak bisa berenang, dan nekat ikutan nyebur demi ngeliat SHARK.  Oh shark sungguh besar daya tarik mu! hehehe. Setelah muter-muter nyari itu yang namanya hiu gak ketemu, akhirnya kita bener memutuskan untuk pindah tempat, find another interesting place.
Di tempat kedua ini, lautnya dangkal dari kapal aja udah keliatan karang nya. Kita nyebur lagi disini, dan tanpa sadar kita semua misah-misah. Gw pun asik sendiri liat, sampai tiba-tiba gw melihat sesuatu. Ikan yang gw gak tau namanya apa, tapi seperti ikan Bara Kuda yang dikasih tau Antho dan itu jaraknya cuma beberapa meter di depan gw. Huwa, gak tau mau ngapain, sumpah saking kaget nya sampai nahan nafas, takut-takut itu ikan mencium bau manusia...huahahaha, antisipasi yang sungguh aneh! cuma gw beneran gak tau musti gimana? Akhirnya gw balik badan pelan-pelan, beneran biar gak ketauan,,huahaha, pas di tempat  yang kayaknya udah jauh dari si Bara kuda itu gw coba ke permukaan and I found my self alone, no one was around me, not even Pak Ramli. Huwa, Panic attacted then I tried to reach the ship. Sampai kapal gw memutuskan cuma muter-muter yang deket kapal doank, sunggu takut ketemu si Bara Kuda ini. Overall alam bawah laut Liukang Loe ini sungguh amat teramat bagusss!!! (tuh, jelek kan Bahasa Indonesia gw ;P ). Gw bisa bilang gini karena ini kali kedua gw snorkling, pertama di Samalona Makassar dan saat itu arusnya lagi kenceng, pemandanganya bawah lautnya pun menurut gw gak sebagus di Liukang Loe. Tapi kalau lo tanya Antho, Liukang Loe mah kalah sama Kangean. Huhuhu, secara itu bocah udah sampai Kangean. Satu hal yang gw sayangkan adalah gw gak punya underwater camera, jadi gw tidak bisa membuktikan betapa cantiknya alam bawah laut Liukang Loe. Mungkin gw nanti akan masukin dari foto-foto nya si Antho (dengan ijin dia dulu tentunya). Oh ya kita snorkeling sekitar 2 - 2.5 jam-an, itupun udah lama bengat menurut gw, heran gw sama si bule masih aja lanjut..hehehe.

Setelah cape snorkeling kita mandi dan makan siang, uhuy! entah kenapa gw menyukai makan siangnya. Disini pun ada kue berwarna kuning, gak tau namanya apa. Gw sukaaaaa kueee ini!! ;P. Kejadian #5 Siang hari ditempat ini, duh jangan ditanya deh. Mati Gaya, garing dan gak bisa ngapa-ngapain. Mau snorkeling cape, tidur dikamar gerah secara kalau siang itu listrik dimatiin, Pak Ramli save energi pake tenaga matahari. Nah kebayang donk lo dipinggir pantai siang hari tanpa kipas angin. Diluar pun panas mentereng reng reng. Hahaha. Dan seperti biasa gw + Antho hanya bisa menikmati itu semua, yang ada akhirnya malah tidur siang sambil gerah-gerahan. Hahaha.

Taking picture in the afternoon sambil berpanas-panas :)

Empty

Before leaving Liukang Loe, in front of the cottage
Sore saatnya nyebrang balik ke Tanjung Bira. so, bangun tidur sore-sore kita sempetin keliling lagi, ngobrol-ngobrol dengan penduduk setempat dan nyari kelapa muda buat si Aime. Nih bule katanya pengen banget ngerasain Kelapa Muda sebelum dia balik ke negara nya. Huahahahah, emang di France / London gak ada kelapa muda kah. Eh iya si Aime ini orang Inggris yang tinggal di France. Gw gak tanya sih kerjaan dia apa, tapi dia udah almost 3 month keliling-keliling + sempet snorkling di Malaysia juga.

Balik sore ke Tanjung Bira, kita sempetin nginep semalem dulu di Tanjung Bira. Sebenarnya nothing special sih di Tanjung Bira (menurut gw lho yaa..). Kita cuma menunggu sunset trus main-main sama anak kecil setempat. Hehehe, lucu ya mereka senang banget difoto-foto. Malemnya kita cuma makan malam, ngobrol-ngobrol sama Aime dan Fiona mengenai kepulangan ke Makassar trus lanjut tidur deh. Tapi secara gw gak bisa tidur yaaa, gw kepinggir pantai aja dunks, midnite-an di pinggir pantai sambil liat bintang sendirian..hahaha, ber-kontemplasi ceritanya. Besoknya kita berangkat pagi-pagi sekitar jam 7 dari Tanjung Bira. Berbekal pengalaman datang kesini, akhirnya kita sepakat charter mobil pas pulang dengan penumpang 6 orang -Gwa, Antho, Aime, Fiona, dan sepasang bule lagi-. Walaupun harus bayar rada mahal dikit, at least perjalanan lebih nyaman, Hehehe.

Sampai di Makassar siang, gw dan Antho numpang istirahat di-kos temen gw. Alhamdulillah lagi ada syukuran, jadinya ikutan makan gratis. Setelah makan kita pergi ke Cafe Deluna sambil nunggu pulang ke Jakarta. Sebenarnya menurut gw ini cafe biasa aja, tapi menurut yang tinggal disini cafe ini termasuk bagus. Yaa wajar sih secara jarang ada cafe begini-an di Makassar, Hehehe. Gw sih lebih suka cafe yang ada di pinggir laut itu, tapi lupa namanya..Hahahaha..Dasar!! Short term memory loss! (-.-"). oh iya ingat namanya Cafe Balairate didalam hotel pantai Gapura.

Pulang ke Jakarta pesawat jam 8 malem. And yeah, whatever happens in Makassar stays in Makassar. Back to Jakarta is back to reality. Fact that I will have a new job, new friends, new life and new dreams. Thanks Makassar! I will be back again, Someday! (^_^)

1. haii salam kenal...
    mo tanya nih tentang tanjung bira...itu harga 150.000 utk penginapan + antar jemput dari bira ke liukang per orang ato untuk 2 orang? trus sekamar bisa muat brp orang ?? di liukang situ ada tempat sewa snorkling en diving gak yah ? kira2 berapa ya paket snorkling en diving dsitu. menurut riri better nginep di liukang atau di tanjung bira nya yah ?
    sori kebanyakan nanyaa..... :)
    btw i'm an ex deloitters too ^^

2. Hi Mili, salam kenal juga...
    Mili di Deloitte audit kah? aku di ERS nya :)

Waktu aku kesana, harga 150rb itu untuk 1 kamar yang mungkin bisa diisi untuk 2 orang.. maksimal 3 orang kali yaa (kalaupun boleh sama Pak Ramli..hehe).
    Dan waktu itu antar jemput dari tanjung bira ke liukang nya gak bayar, karena deket juga mungkin... 15-20 menit sekali jalan.
    Aku bawa alat snorkel sendiri, tapi aku sewa fin + life jacket..tapi sewa itu semua di tanjung bira nya (sama kenalannya pak ramli)..so suppose to be sih ada ya alat snorkel nya juga... aku sewa fin doank waktu itu 20rb.
    Waktu itu aku sempet nginep
    Tapi maaf kalau paket diving aku kurang tau, mungkin bisa dicoba tanya Pak ramli.
    Karena aku waktu itu langsung ke Liukang Loe nya, so I prefer Liukang Loe to Tanjung Bira. Di bira sendiri ada kok spot snorkling nya, cuma aku gak sempet nyobain.
    Kalau emang mau di Liukang Loe,tanya aja ke Pak Ramli kalau snorkling di deket-deket tanjung bira nya Pak Ramli bisa provide atau gak?
    Hehe,, begitulan kira-kira jawaban saya...
    Kurang lebihnya mohon maaf. (^_^)

3. Hai Riri...
    2 bulan lalu aq sukses ke tanjung bira..thx a lot atas saran2nya. jadinya nginep di Bira, tapi sempet ke Liukang Loe juga siy.
    btw iyah dulu aq audit rw fan ^^

4. PT-PT tulisannya ya "pete-pete" aja... Hehehe..
    Salam kenal.

5. Hahaha,, iya ya.. baiklah.. nanti diganti..
    salam kenal juga Imam...

6. haloo, salam kenal.
    mau tanya, kalau kita mau charter mobil dari tj. bira itu berapa? charternya kemana ya? thx :D

7. Hi salam kenal "mimpi siang bolong" whatever your name.. hehehe :)
    Waktu itu aku charter nya langsung dari depan penginapan di Tanjung Bira, biasanya banyak pete-pete yang mangkal, kalau masih kosong bisa langsung Nego, harusnya bisa dianter ke tujuan langsung.

Kalau dari Makassar nya, dari terminal Malangkeri.. Nego langsung disitu..

Kalau gak salah 1 mobil sekitar 400rb-500rb (kalau belum naik harganya)..hihihi..

Happy traveling! :)

8. Untuk infomasi sewa penginapan hotel/resort dan rental mobil ataupun informasi lain mengenai tanjung bira contact 085342633633 atau email sulawesirentcar@gmail.com