Saturday, January 5, 2013

Sepenggal Perjalanan Pasar Modal Indonesia

31 Desember 2012 eer 28 Desember 2012 lebih tepatnya ketika perdagangan bursa terakhir ditahun 2012, merupakan akhir dari nama Bapepam-LK.  Menurut Undang-Undang tentang Bank Indonesia yang dibuat setelah krisis tahun 1998 harus dibentuk sebuah lembaga keuangan yang khusus mengawasi transaksi keuangan Indonesia (Perbankan, Pasar Modal, dan Lembaga Keuangan lainnya) bernama Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Singkat kata masa transisi setelah disetujui dan dilakukan persiapan peralihan, masa transisi ini dimulai 2 Januari 2013. Bagi pegawai Bapepam-LK sendiri ketika bulan Oktober sudah diminta untuk memilih untuk ke OJK atau stay di Kementrian Keuangan. Dari sekitar 1000 pegawai adalah sekitar 97 orang yang akhirnya memilih untuk stay di Kementrian Keuangan.

Namun menjelang liburan akhir tahun, tiba-tiba Pak Menteri AM mengeluarkan kebijakan bahwa anak STAN yang belum habis ikatan dinasnya tidak diijinkan untuk ke OJK. Belum habis kaget kami, Pak Menteri juga mengeluarkan kebijakan yang sama untuk teman-teman staf yang ikatan dinas karena S2. Isu ini beredar tepat sebelum liburan Natal dan surat resmi keluar tepat sebelum liburan tahun baru. 

Teman-teman yang terkena kebijakan ini tidak sepenuhnya senang karena kalau mereka akan dan mau tetap di Kementrian, mereka sudah memilih sejak Oktober lalu. Ketika mereka tidak melakukan itu artinya mereka mau dan akan siap untuk ikut di OJK, bukan?.

Dari yang saya tau sih ada beberapa teman yang hari terakhir kerja di 2012 itu mencoba berjuang untuk gimana caranya bisa tetap OJK, too bad saat itu akhir tahun sehingga banyak hambatannya.

Rabu 2 Januari 2013, kita diminta untuk pake pita hitam sebagai bentuk solidaritas teman-teman yang akan berjuang untuk bisa di OJK. Belum pun mereka bisa melakukan semua itu, pagi hari mereka semua (teman yang dengan sukarela dan yang karena kebijakan) dikumpulkan untuk penempatan di Direktorat lain Kementrian Keuangan. Segera setelah keputusan itu dikeluarkan dalam waktu dua hari mereka sudah harus menyelesaikan administrasi dan mulai efektif bekerja di Direktorat terkait 7 Januri 2013. Saat itu pita hitam justru menjadi duka untuk Bapepam-LK or OJK (whatever) yang kehilangan staf nya..Hohoho

Kejadian ini banyak menimbulkan pertanyaan dari banyak orang termasuk saya:

  • Kenapa sih Pak tiba-tiba mengubah kebijakan? Pertanyaan ikatan dinas ini sudah ditanyakan sejak sosialisasi pertama bukan? dan jawaban pun sama, mereka punya hak untuk OJK!
  • Kenapa sih Pak mereka gak dikasih kesempatan berjuang? bahkan mereka gak dikasih kesempatan untuk share knowledge pekerjan mereka ke kami. 
  • Kenapa sih Pak untuk sementara mereka  tidak dijadikan PNS yang diperbantukan ke OJK dalam waktu beberapa bulan, meanwhile dalam waktu itu kami bisa mencari pengganti mereka?
  • Kenapa sih Pak tidak berpikir panjang bahwa institusi yang katanya "Super Body" ini akan kehilangan sumber daya mereka? Ya, sumber daya yang menurut kami kompeten dalam bidangnya.
Saya tahu, mungkin tidak akan ada jawaban dari semua pertanyaan saya Pak. Pada akhirnya kami mencoba menerima. Mencoba mengingat kembali janji kami untuk bersedia ditempatkan di Direktorat manapun bahkan di kota manapun di Indonesia.

Hari itu. Jumat, 4 Januari 2013 merupakan perpisahan besar-besaran buat Bapepam-LK. 
16 lantai dan penuh airmata. Terbaca berlebihan tapi itu yang terjadi. Ketika saya berhenti bekerja dari KAP dimana employee turnover nya tinggi, tidak sebegitu sedihnya. Tulisan ini hanya keinginan emosi saya untuk menuliskan kejadian singkat yang membuat kita semua sedih, saya lebih tepatnya. 



Dear teman-teman yang akhirnya di Kementrian, sukses berkarya untuk Negeri ini. 

Dan teman-teman yang di Institusi baru ini, semoga tetap semangat!

Dear teman-teman di Dirjen lain Kemenkeu, teman kami adalah orang-orang hebat, semoga bisa bekerja sama dengan baik.

Bukan sok idealis atau nasionalis, tapi semoga semua ini karena kita cinta Indonesia. 

The best quote from Ori Mediarto : "Kutitipkan sahabat-sahabatku padaMu ya Allah"

We won't say good bye. 'Till we meet again!!


Video ini untuk teman-teman dibagian saya, yang sebenarnya disuruh bos untuk bikin ini.. :)

video



Thanks to Ori Mediarto dan @JustAntho untuk video ini.

No comments:

Post a Comment