Sunday, November 10, 2013

The Singapore Escaper :P

Perjalanan ke singapore gue dimulai sejak 2007. Nah sejak itu ternyata hampir setiap tahun gue ke singapore.. hahaha ;p                    
Dan kalo gue inget-inget awal perjalanan gue semenjak kerja justru dimulai di kota ini.                 

2007
Setahun setelah kerja temen kantor ngajak short trip ke Singapore Malaysia pake promo airasia dengan hanya 500.000an. Kali pertama kesana kami lewat Batam karena saat itu airasia belum ada direct flight ke Singapore dan ini adalah perjalanan pertama gue keluar negeri. Perjalanan ini sangat-sangat pendek, cuma jumat sabtu minggu dan ke 2 negara...uuhh. Beruntung gue punya temen bernama Nadina yang udah pengalaman keluar negeri, jadi si bawel satu itu bikin daftar"do and don'ts" yang super detail. Berkat Nadina perjananan gue keluar negeri berikutnya gak oon-oon banget lah... hehehe.

Excited?! Banget!! Hehehe...
Kami dijemput di HarbourFront sama Giri, temen gue yang tinggal di Singapore dan memang berencana nginep di apartemen dia di Choa Chu Kang. Pemberhentian pertama Mustafa Center untuk beli oleh-oleh. Mustafa ini buka 24 jam, jadi enak bisa pergi malem banget kesini.

Pertama kali ke Singapore bisa dibilang gue gak kemana-kemana. Saat itu gue sedang mengikuti penerimaan PCPM Bank Indonesia dan kebetulan pengumuman test ke 5 hari sabtu. Pagi-pagi gue minta temen gue untuk cek dan alhamdulillah gue masih lolos ke tes selanjutnya. Masalahnya adalah ternyata tes berikutnya itu hari besoknya, hari minggu...jeng jeng jeng! Sungguh gak kepikiran, pengalaman sebelumnya kalau pengumuman hari ini, tes berikutnya minggu depan.

Akhirnya gue nelpon ke contact person pcpm dan ditemenin Giri gue nyari fax untuk kirim surat permohonan mengikuti tes gelombang terakhir di Surabaya. Habis setengah harian ngurusin begituan di Lucky Plaza. Kala itu gue cuma kenal Lucky Plaza diantara jejeran mal-mal Orchard Rd... huhuhu. Menjelang sore kami langsung menuju tempat paling eksis di Singapore donk ah.... Merlion Statue! :D *gak aci ke Singapore kalo gak ke Merlion* .. Nah, secara temen gue mau nyobain Double Dekker (a.k.a bis tingkat) jadilah kita naik itu. Nah lagi... secara si Giri belum pernah naik bus ke Merlion jadilah kita nyasar... Gue gak inget detail sih yang jelas jauh beud jalannya!!!

Perjalanan ke Kuala Lumpur akan melalui jalur darat lewat johor. Shit happened di Imigrasi keluar Singapore. Tiba-tiba gue diminta ke kantor Imigrasi setelah melewati counter. Walaupun sok cool, aslinya gue panik banget!! pasalnya gue gak ngerasa salah dan gak tau salah gue apa. Pandangan pertama gue langsung tertuju ke Giri dan alhamdulillah dia ngasih isyarat "udah tenang, ikutin aja dulu petugasnya" ... *Kalau bisa langsung nangis udah nangis kali* ..

Didalam kantor imigrasi gue cuma disuruh duduk tanpa ditanya apapun. Sebel lah gue, mana petugas bulak mandir gak jelas. Akhirnya setelah 1 jam-an gue memberanikan diri nanya sebenarnya passport gue kenapa?
Dan ternyata jawabannya karena di passport ada coretan tanggal kedatangan gue. Jadi kan gue itu nyampe Singapore tengah malam, nah pas ganti hari kayaknya si petugas imigrasi lupa ganti tanggal makanya masih tanggal hari sebelumnya. Dan karena itu tanggalnya dia ganti manual dan paraf disebelah tanggal yang diganti. Petugas imigrasi Johor cuma mau pastiin kalo itu benar paraf si petugas imigrasi masuk. Ajegile meriksa begituan ampe 2 jam.

Keluar dari Imigrasi literally nangis!! Pengamalan pertama keluar negeri dan ditahan imigrasi 2 jam.

2008
Stop over di Singapore!
Deloitte South East Asia ngadain bootcamp di Pattaya, Thailand dan gue salah satu dari staf yang ditugaskan untuk menghadari bootcamp ini. Sebelum berangkat si Sekretaris nan baik nawarin mau naik Thai Airways, Malaysian Airways atau Singapore Airlines. Sepakat kami semua naik SQ dan minta stop over di Singapore satu malam ketika pulang.

Gue sama sekali gak ngurusin perjalanan ini, cuma tau beres. Di Singapore kami nginep di apartemen yang gue pun lupa di daerah mana. Tapi di apartemen inilah gue akhirnya melihat cantiknya kota Singapore di malam hari (^__^)

Kedua kali ke Singapore pun bisa dibilang gue gak kemana-mana. Entahlah saat itu gue sama Nadina cuma mau santai. Jadi pagi kita cuma ke Orchard Rd. buat foto-foto (bahkan gak nge-mal), dari situ lanjut ketemu Giri di Bugis buat makan Siang. Selesai makan siang balik ke Changi dan cuma jalan-jalan di Bandara.

Asli penting banget kan!! (^__^)

Jadi kalo ditanya "Udah 2x ke Singapore kemana aja, Ri?" Gue cuma akan jawab dengan senyum dan bilang "Orchard full stop" :p

2009
Sebenarnya gue ada rencana ke Singapore & Kuala Lumpur untuk beneran jalan-jalan sama Nadia, Adek gue dan Kakaknya Nadia.

Tapi saat itu bokap kena stroke jadinya gue milih dirumah dan Adek gue yang berangkat.

*belum rejeki untuk tau Singapore lebih jauh*

2010
Ini baru yang namanya have fun!! Dengan dalih escape trip, gue sama Nadia berencana ngabisin liburan 5 hari di Singapore... Karena waktu itu Nadia ada urusan dan demi gak mau rugi hari libur, akhirnya gue berangkat duluan. Ke Singapore kali ini gue cuma bawa diri dan baju..gak bawa dollar sama sekali dan gak punya EzLink. Kalo gak dijemput Giri, yakin gue bakal jadi gembel Singapore yang cuma planga plongo di Changi... Hahaha

Plan Singapore ini baanyaakkkk, gue bertekad gak lagi-lagi di Orchard Rd. doank!! *Ya kali 5 hari di Orhard doank*.. hahahaha....

Dari mulai Singapore Flyer, Song of The Sea, Bugis Junction, USS yang kala itu baru buka, Jurong Bird Park, Little India, Chinatown sampai NTU juga didatengin.. hahaha.. dan tidak lupa tetep ke Orchard Rd.

Oh iya, kayaknya sempet ke gedung-gedung pemerintahan Singapore juga deh for the sake of 'foto doank'.. Hahaha *agak lupa* *banci foto*...

Walaupun cukup mahal, beneran gak rugi ke USS. Sayangnya waktu itu Galactica (roller coaster) belum buka jadi gak bisa naik :'(

Dan yang penting sih ke NTU..aaahhhh.... *Jodoh mana jodoh*  #lha....Hahaha...
Masuk NTU pengen banget foto ditulisan "Nanyang Technology University" yang kayak UI itu, tapi kan taksi gak bisa berhenti sembarangan jadi lanjut masuk. Bisa sih kalau mau jalan, tapi males aje jauh beud jalannya.. Berasa tour ke campus dijelasin macam-macam sama Giri, detail sampai asrama tempat dia tinggal dulu. Trus diajak ke lantai paling atas yang katanya tempat di David bunuh diri.. ealah, merinding seketika :(
Suka banget sama suasana kampus ini.. Sya la la la, du bi du bi du...

Beneran puas dan senang, apalagi ketika di Orchard berdua Nadia dan Giri gak bisa nemenin karena harus kerja. Hari itu kami berdua dikasih ATM dan CC platinum..hahaha manurut ngana?? kurang seneng apa hidup gue.... *tapi kesenangan ini akan berakhir beberapa hari setelahnya..iya setelah itung-itungan hutang piutang* -.-

2011

Impulsif seketika!! cerita Singapore ini udah pernah ditulis disini dan disini

2012

Skip! Karena udah kebanyakan trip ditahun ini.

2013
Karena ada promo buy 1 get 1 naik Jetstar dan keinginan ke Singapore bareng Nadia dan Windy, jadilah kami berangkat. Et tapi ternyata gak cuma bertiga ada Fifi (kakaknya Nadia) + Umi (Ibunya Nadia) + Puput (Adiknya Windy) + Antho dengan tujuan utama USS.

Kali ini ke USS naik Galactica!! Yippieee.. eh tapi yang lintasan merah (yang terbalik) tutup, jadi cuma bisa naik lintasan biru. Adrenalin challenge dari Nadia dan Fifi, mau gak mau gue ikutan naik paling depan!! :D

Karena sebelum berangkat disetanin ke Max Brenner sama Shinta, alhasil gue Antho muter-muter Vivo City demi nyobain coklatnya Max Brenner. Dan beneran enak banget aja donk!! *mhmm yummy*

Selain Max Brenner, kami juga nyobain Gastronomia di Paragon Mall, Orchard Rd. Kali itu gue beli Tiramisu, dan ini Tiramisu terenak yang pernah gue cobain!!! *pengen lagi* ..

Berhubung kali ini juga cuma weekend-an, jadinya gak kebanyak tempat. Tapi ada satu tempat yang tidak biasa yang gue datengin, namanya Aan Siang street, lokasinya deket Chinatown. Sebenarnya tempat ini terkenal dengan butiknya, tapi karena waktu itu kesana pagi jadi butik-butiknya belum buka. Ujung-ujungnya cuma foto-foto. *dengan memaksa Antho nemenin gue tentunya* :P

Dan dan ke Garden By The Bay yang cantik ....

Kali ini gak nyebut Giri yak.. iya emang, karena si Giri lagi ada business trip ke Itali jadi gak ikutan jalan. Nginepnya? tetep donk di tempat Giri :P *gak mau rugi*

**************

Nah, kira-kira begitulah cerita gue tentang Singapore. Bosan?! tentu tidak, karena niatan gue InsyaAllah kalau tidak ada halangan sebisa mungkin setiap tahun ke Negara ini karena pasti masih banyak tempat lain yang belum terjamah sama gue. Yang  paling penting sih, mumpung masih ada yang bisa direpotin kalau kesana, unwritten deal yang menguntungkan gue harusnya! :P

It's just.. Singapore is a very pleasant place to be enjoyed to think nothing, and I can't wait for another journey in Singapore someday somewhere!!


No comments:

Post a Comment