Thursday, February 9, 2012

Baluran (Jawa Timur) - Menjangan (Bali) - Januari 2012

Baluran at 8.00 a.m.

Hula! Ini adalah perjalanan pertama gw di 2012 tapi udah di rencanain sejak september 2011 disaat Garuda Indonesia lagi buka early bird promo ke beberapa tempat di Indonesia.
Diajak antho membuat gw balas mengajak wanda. Hahaha.. secara orang-orang mure ini hobby jalan, jadilah dibeli tiket pergi ke Surabaya dan pulang dari Bali dengan harga sekitar 890.100, gak murah banget sih tapi lumayan naik Garuda biar Frequent Flyer gw gak hangus (^_^).

Kita pergi pas long weekend  21-23 Januari 2012. PIC trip kali ini si Antho, temen SMA gw. Awalnya trip kita berjudul "Kawah Ijen dan Menjangan". Tapi begitu mendekati hari H ternyata Gunung Ijen ditutup karena aktivitas vulkaniknya lagi meningkat. Jadilah H - 1 minggu kita ubah itinerary jadi "Baluran dan Menjangan". Budget trip kali ini juga terbilang murah, kita cuma diminta patungan 500rb/orang untuk transport Surabaya - Baluran - Menjangan, tiket masuk wisata, sewa kapal dan penginapan di Baluran (diluar biaya makan), tambahan nya cuma penginapan di Kubu hotel Bali 87.500/orang (1 kamarnya 175.000 dengan kamar mandi dalam + fan + breakfast, nanti gw akan cerita mengenai penginapan disini).

Day #1
Berasa beda ya kalau gak naik budget air. Sedikit bangga.. hahaha. Hari itu sampe bilang "backpacker (nope), elitepacker (nope), but yes we are indeed a flashpacker". --> tapi tetap bawanya backpack :p
Ini pertama kali nya gw naik Garuda lagi setelah hampir setahun. Ternyata sekarang semua pesawat Garuda sudah dilengkapi dengan fasilitas TV (yeah sort of). Kita bisa dengar musik, nonton video klip atau bahkan nonton film. Jadi untuk penerbangan kurang lebih 2 jam bisa terhibur dengan adanya fasilitas ini.
Perjalanan kali ini, rencana yang ikut 11 orang ternyata pas nyampe Surabaya cuma ada 7 orang, 3 cancel satunya mendadak cancel pagi-pagi. Dan dibandara Djuanda inilah kita baru kenal 4 orang lainnya - Ricco, Ayu, Wiya dan Rudi -

BALURAN

Tujuan kita langsung ke Taman Nasional Baluran, yang ternyata makan waktu 8 jam saja dari Surabaya. Melewati Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Wongsorejo, Baluran. Di Sidiorjo, kita melewati lumpur lapindo, sungguh hati ingin melihat sebenarnya tapi begitu melihat papan bertuliskan "Tempat Wisata Lumpur Lapindo"  langsung mengurungkan niat. Ya ampun itu musibah kenapa dijadiin tempat wisata seehh!! -.-".

Makan siang?? KFC saja ya yang udah jelas harga dan rasanya. :)

Setelah melewati itu semua sampailah kita di Baluran. Jadi Baluran itu adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang isinya padang rumput a.k.a savana dan terkenal dengan sebutan Africa van Java. Info detail tentang Baluran bisa klik disini. Disarankan kalau mau kesini pas lagi musim panas, karena Januari masih musim hujan jadi kurang berasa savana Afrika nya.
Baluran at 05.30 p.m.

Sampai Baluran udah sore banget jadi hari ini gak banyak yang kita explore. Kita langsung ke penginapan di Pantai Bama dan beneran disebelah pantai.. Ahey! Tapi yaa karena udah malam jadinya gak bisa ngapa-ngapain juga.

Pantai Bama at 06.30 p.m.
Pantai Bama at 06.30 p.m
Gak banyak pilihan makan malam, cuma ada 1 tempat makan dan lagi-lagi pilihannya indomie. Yap emang juara deh indomie!! Karena kita juga baru kenal, jadi sambil makan kita cerita-cerita pengalaman traveling. Tapi Dang!! maaallluu denger ceritanya.. belum ada apa-apanya perjalanan gw! Mereka udah ke Derawan, Kelimutu, Komodo, Flores, dll masih banyak lagi. -.-" ampun saya!!. InsyaAllah saya bertekad akan mengikuti jejak kalian teman, one step at a time, Ganbatte!!

Day #2
Salah satu Bapak disini bilang kalau mau liat sunrise itu jam 4 pagi. Bah, aappee jam 4 pagi, udah bulak balik liat jendela dari jam 4 pagi ternyata masih gelap! Pak Pak jam 4 itu subuh aja belum -.-", tapi kita semua beneran pada bangun jam 4 donk!! hahaha dudul.

Ditempat ini banyak banget monyet liar. Pas lagi nunggu sunrise tiba-tiba segerombolan monyet lari-lari didepan kita...hehehe.. antara itu monyet lucu dan ganas beda tipis.
Berenam kita setia menunggu sunrise, tapi sunrise nya gak keluar dan lagi karena mendung.. nasib pergi pas musim hujan..hehe.. (second reminder : Sebaiknya tidak kesini ketika musim hujan) Akhirnya kita cuma main ke pantai. Sejujurnya gw yakin kalau bisa liat sunrise pasti baguss banget --> ngeliat foto sunrise yang ada disini jadi pengen ber-sunrise..hohoho.

Pantai Bama after sunrise

Cerita lain tentang si Bapak penginapan. Kalau pagi laut itu pasti surut kan, Pantai Bama ini surut nya cukup jauh sekitar 300 meter ada kali. Nah hari sebelumnya itu si Bapak disini bilang kalau mau snorkeling bisa kok, paling 200 - 300 meter udah ada karang nya. Jeng! pas liat pagi nya begini kita semua bingung, karang apa yang mau dilihat yaa?? -.-" . Tapi kalau di googling sepertinya memang ada spot untuk snorkeling nya, cuma gw sendiri kurang tau tempat pasti nya dimana, bisa dilihat di website Baluran yang gw kasih diatas.

Pantai Bama (lagi surut) dengan background Gunung Baluran

Secara Pantai Bama ini surut nya cukup jauh, jadi kita bisa main ketengah pantai nya juga jauh. Pantai surut ini ditutupi rumput dan pemandangan yang bisa dinikmatin pun gak kalah bagus...Jadi begini, walaupun air laut nya surut, tetap donk ada sisa-sisa air laut nya. Nah disisi sebelah kiri Pantai ini itu Gunung Baluran. Kalau kalian jago foto, bisa terlihat pantulan Gunung Baluran diatas sisa-sisa air laut ini. (^_^) I am not a good photographer, so I don't have this kind of picture, I guess. (Gw lihat sih hasil foto temen-temen gw).
Pantai Bama (lagi Surut)
Monyet! berhati-hatilah sama monyet liar disini. Pagi-pagi itu mereka seperti kelaparan sangat, jadinya garang banget, apapun yang disekitarnya bisa dirampas. ditengah-tengah orang yang sibuk berfoto, tiba-tiba ada aja donk monyet yang ML..huahaha.. kocak! Jadi ajang tontonan orang dan jadi objek foto tentunya. ;p

Teripang! hati-hati juga dengan teripang. Banyak banget teripang yang berseliweran di surutnya Pantai Bama ini. Jadi hati-hati kalau jalan ke tengah lautnya yaa.

Setelah main-main di pantai kita niat mau tracking dari Pantai Bama ke Bekol (tempat pengiapan juga) karena pas hari sebelumnya lewat sini berasa gak terlalu jauh kayaknya. Pas dijalanin., Jeng Jeng! lumayan pegel juga nih kaki..Hahaha.. lebih dari 3 km kayaknya itu.  Tapi kita tetap happy walaupun cuma lihat rusa dari jauh dan gak ngeliat banteng. Selama perjalanan pemandangan yang kita lihat hiiijaaaauuu semua. It's truly eyes refreshing! tapi jalannya becek! Huhuhu. Sebenarnya kalau mau tracking udah ada jalan khusunya gitu, lewat hutan dan konservasi mangrove. Tapi lagi karena musim hujan track ini ditutup saja!! Ok it's gonna be third reminder : Do not come here in rainy season.

Eyes refreshing!!
Baluran at 08.00 a.m.

Nyampe bekol mobil kita sudah menungggu, setelah sarapan kita langsung berangkat menuju Pelabuhan Ketapang untuk ke Bali. Lama waktu penyebrangan gak nyampe 30 menit,  kalau begini caranya naik kapal mau dah gw sering-sering. Hehehe...

Hal norak yang gw lakukan diatas kapal yaitu beli kacamata. Beh! penting banget kan, secara kacamata gw ketinggalan di pesawat --> gaya sih dipesawat aja pake kacamata (pembenaran : efek pesawat pagi, matahari silau chuy!! :p). Sebelum kapal berangkat, ada tradisi anak-anak penduduk sekitar loncat dari kapal dan penumpang kapal lempar koin kebawah. Nah, disini sampe ada yang sukarela untuk difoto pas loncat dari kapal dan minta bayaran 5000..hihihi lumayan lah buat hiburan dan banyak-banyakin foto.

MENJANGAN

Yeah akhirnya sampai  juga di Bali. Dari pelabuhan Gilimanuk udah ada mobil charteran yang jemput kita dan nganter ke dermaga untuk nyebrang ke Menjangan. Pertama kita ke Labuan Lalang, tapi ternyata sewa speed boat nya mahal, 300rb / org gitu kalo gak salah. Wew, kita ini low budget traveler, Pak! akhirnya kita ke tempat namanya Mimpi Resort atau Novus Gavana. Tempat ini gak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk sekitar 1 jam. Biaya sewa kapal + guide nya 300rb. Buat yang gak bawa alat snorkle disini bisa sewa, lengkap fin + snorkel itu 40.000.

Nyebrang ke Menjangannya sekitar 30 menit. Menjangan ini juga salah satu Taman Nasional nya Indonesia atau dikenal dengan Taman Nasional Bali Barat (TMBB), notabene nya dijadikan taman nasional karena dijadikan konservasi menjangan yang udah mulai punah. Pulau ini tidak berpenghuni, isinya cuma menjangan a.k.a rusa + penjaga pulau tentunya. Ketika kita kesana baru aja selesai acara sembahyang nya Umat Hindu.

Sebelum nyemplung, kita semua makan siang yang kita beli di warung pinggir jalan. Gw sih sok-sok an pesen nasinya setengah. Trus sebelum nyemplung dimakannya setengah pula, jadinya cuma makan 1/4 nasi alhasil masuk angin saja sodara-sodara!! -.-" --> pengalaman pribadi yang tidak patut ditiru.

Spot #1 Bagusss!!! merinding disko gw.. hahaha lebay. Jadi seperti kebanyakan tempat snorkeling yang rata dangkalnya, tempat ini justru gak begitu. Tempat dangkal yang isinya karang-karang cantik itu berbatasan langsung dengan tebing laut yang curam + dalam (hasil googling : kedalaman mencapai 50 meter). Wew, gw yang biasanya berani snorkeling sendiri, begitu liat tebing laut langsung deg"an... serem juga chuy, yang ada gw ama Wanda, gak lepas pegangan sama guide nya. Huahahaha...

Pemandangan bawah laut nya, udah gw bilang merinding disko saking bagusnya *lebay*. Super banyak ikan bergerombol, ada batfish, clown fish (nemo), dan banyak ikan lainnya yang sumpah gw gak tau namanya apa, hehe. Dan karang nya..cantikk!! Ada karang kipas.. hohoho. Disekitar tebing laut yang curam itu kita lihat HIU saja saudara-saudara, akhirnya!! Hahaha kesampaian juga, cuma yaa sekelibat doank secara si hiu langsung kabur. Wish list yang pen dilihat : Manta dan Penyu.

Foto dibawah ini diambil dari kamera temen gw...

Spot#2 Kita berkesempatan untuk naik keatas bukit dan liat menjangan. Hore... gak liat rusa langsung di Baluran bisa lihat disini. *jejingkrakan*. Rusa nya banyaakkkk!! (ya iyalah namanya juga Pulau Menjangan ;p) dan ada satu rusa yang lucu, dia duduk manis saja diatas tumpukan sampah.. hehe, lebih menggiurkan sepertinya bau" gimana gitu :p. Selain rusa, di Pulau ini ada beberapa pura dan ada patung Ganesha besar yang memang diperuntukan untuk sembahyang nya Umat Hindu.

Spot #3 Lanjut snorkeling. Di titik ini gw udah berasa makin gak enak badan, tapi karena merasa rugi kalo gak ikutan nyemplung lagi yang ada gw muntah saja di laut menjangan. Maaf ya.. beneran deh, gak kuat nahan. Hehe.. Gak bisa jelasin spot disini seperti apa, si Rico liat barakuda, yang lain liat karang dan ikan macam-macam. Me?! yang ada dipikiran gw adalah gimana supaya gw bisa cepetan sampai kapal! Gak kuat mual!!!. Pas balik ke Kapal gw tidur selama perjalanan balik ke Pulau Bali.

Karena keterbatasan waktu kita cuma snorkeling di dua tempat, untuk info lengkap spot apa aja yang ada di Menjangan bisa lihat disini.

Dermaga, Menjangan Island

Selesai mandi dan beres-beres kita lanjut ke Kuta karena malam ini kita akan menginap di Kubu Hotel Kuta. Perjalanan dari Menjangan ke Kuta sekitar 5 jam tapi ini sih karena si supir nyari jalur yang rada jauh padahal waktu dia jemput kita cuma 3 jam perjalanan. Perjalanan ke Kuta ini melewati begudul - tabanan (yaa, kenapa lewat tabahan nya malam.. *lho* :p). Selama perjalanan ada pemandangan bagus yang gw dan Wanda gak bisa capture pake kamera. Tiba-tiba aja gw kebangun tidur, trus liat ada cahaya cantik dari langit, cahaya ini semacam terang bulan yang muncul diantara awan-awan dan kalau dilihat dari balik bukit cantik banget.. beneran!!! Agak sulit sih jelasin bentuk cantiknya, tapi kalau mau second opinion bisa tanya Wanda.. Hehehe :D

Nyampe Kuta jam 11 malam saja!! Wedew, abis check in gw, wanda, antho, riko dan ayu langsung cari makan dan karena gak mau repot kita makan di Mc.D Kuta *gak kreatip udah KFC skrg Mc. D pula*. Hahaha. Dari sini sampai pulang Wiya dan Rudi gak bareng kita lagi, karena mereka pasangan yang baru aja menikah jadinya mau sekalian honeymoon berduaan..hihihi.
Terakhir gw ke Bali tahun 2010 dan kali ini berasa jalanan kuta makin sempit ya?!! sepertinya banyak toko-toko yang melebarkan area ke jalanan, pantes macet! -.-".
Balik makan kita langsung istirahat sambil mikiran hari terakhir mau ngapain aja, secara hasil diskusi selama makan malam belum ada hasilnya.. hehe..Oh iya sebelum tidur sempet ngobrol-ngobrol sama penjaga hotel yang bernama Pak Syahdan, ternyata Bapak ini punya teman yang menyewakan mobil Inova / Xenia dengan harga 350.000 + supir + bensin + seharian (12 jam). Murah!! Hahaha, murah ya menurut gw. Jadi kalau kalian nginap disini dan belum dapat tempat penyewaan mobil, cari aja yang namanya Pak Syahdan.

Cerita penginapan. Entah bagaimana si Antho, dkk menemukan penginapan ini, penginapan di Jl. Poppies ini sangat oke untuk para backpacker. Fan room rate nya 175.000 / kamar dan itu bisa untuk berdua. Emang sih dikamarnya gak ada TV dan AC cuma disediain handuk. Tapi lumayanlah, untuk para backpacker yang biasanya kamar cuma buat tidur sebentar doank. Di hotel ini ada fasilitas kolam renang juga. Uhuy, bisa berenang, tapi sayangnya gak bawa baju renang. Info detail kubu hotel bacalah disini.

Day#3
Setelah sarapan yang disediain hotel, kita jalan-jalan di Legian sambil  nunggu mobil jemputan datang. Tapi ya karena masih pagi banget jadinya belum banyak yang buka. Tiba-tiba Jeger!! Hujan besar!! Huwaaaa  bagaimana ini?! Sepertinya kita lupa kalau hari ini itu Tahun Baru Cina which is kemungkinan hujan sangat besar. Keujanan membuat kita neduh didepan salah satu toko yang belum buka, sambil tetap berdiskusi jarak jauh (via bbm) mau pergi kemana aja.

Akhirnya diputuskan akan ke hot spring di Kintamani. Kita jalan sekitar jam 09.30. Baru sampe Sanur, tiba-tiba macet dan cukup panjang macetnya. Ditengah-tengah perjalanan akhirnya kita reconsidering tujuan ke Kintamani. Karena takut macet nya sampai atas dan karena pesawatnya Antho jam 6 sore, kita puter balik lagi ke Denpasar. Berusaha sangat untuk parasailing tapi gak berhasil karena angin lagi kenceng.
Sambil mikir ke tempat berikutnya kita makan Nasi Pedes yang ada didepan Joger dan beli Sate Lilit (ngidamnya si Rico) yang ada di belakang Joger. Sate lilit ini makanan khas bali merupakan sate yang dibuat dari ikan. Di warung kita beli ini, sate lilit merupakan bagian dari nasi campur tidak bisa dibeli terpisah. Tapi dengan kekuatan memelas, akhirnya kita boleh beli 5 tusuk sate lilit doank. Horay Horay!.
Karena masih bingung juga kita memutuskan beli oleh-oleh dulu di Krishna Oleh-Oleh.

Keputusan akhir (Ayu tetap dengan rencananya ke Water boom) kita ke Water Blow di Nusa Dua, letaknya setelah Bali Collection. Water blow ini semacam adrenalin challenge kalau keadaan ombak lagi tinggi-tinggi nya. Ombak yang membentur celah karang ini akan melambung keatas dan seakan-akan mau menyapu kita. Di dekat celah karang itu dibuat sebuah jembatan untuk kita bisa menikmati hempasan ombak yang naik keatas --> ini kalau ombak lagi tinggi. Kenyataan pas gw kesana ombak lagi gak terlalu tinggi dan harus take foto berkali-kali untuk dapat hasil yang bagus. Dari banyak ombak yang membentur karang seinget gw cuma ada 1x yang benar-bener gede dan hampir membuat kita kebasahan.
Catatan : Sepertinya objek wisata water blow ini udah ditutup, terlihat dari pintu masuknya yang digembok Tapi entah oleh siapa dibukakan jalan kecil disebelah pintu utama, jadi masih banyak orang yang masuk. Menurut gw pribadi sih emang cukup berbahaya tempat ini karena gak ada yang menjamin keamanan ketika ombak datang. So, kalau tetap mau kesini harus super duper hati-hati.

Water Blow

Setelah dari Water Blow, tujuan kita ada adalah Blue Point yang merupakan salah satu pantai bagus di gugusan pantai uluwatu. Banyak yang bilang Blue Point sama dengan Pantai Suluban, cuma beda akses masuknya doank. Kata yang dulu udah pernah kesini, pantai ini sekarang udah gak bagus lagi.. udah rame banget. Dulu diatas batu besar (yang sekarang sudah dibangun restoran), kita bisa puas foto-foto. Somehow ya, bagaimanapun juga Bali is Bali, dengan tipikal pantai yang sejenis. Banyak yang masih bagus, tapi yang lain udah gak bagus karena terlalu ramai penjual dan pengunjung.

Blue Point

Setelah dari Blue Point bingung mau kemana. Deep in my heart, saya sungguh ingin ke Rock Bar Ayana, belum kesampaian dari dulu ke Bali. Teman yang lain sih maunya liat kecak, not a bad option though.  Akhirnya setelah nganter Antho ke Bandara dan early check-in, kita ke Uluwatu rencana liat sunset sekalian tapi batal karena mendung. Pindah haluan ke kecak GWK eh ditengah jalan gerimis. Batal nonton kecak berakhir di Mc.D Jimbaran sekalian ketemu temen gw. Last option, kita makan malam di Menega Jimbaran. yap again, 3x ke Bali, 3x makan di Menega. Bangkrut dah! hahaha.

Angin Jimbaran sungguh tidak bersahabat, kenceng banget ccynn! Cuma bisa duduk-duduk di Pantai sambil makan jagung bakar dan menikmati makan malam. Selesai makan langsung ke Bandara dan siap balik ke Jakarta dengan segala rutinitasnya.

Yet, even though full of gale and rain, this is not an excuse for not enjoying the trip. Whatever it is I might have got something to bring home. Something that cannot be described by word when you see the beautiful landscape and so-called magic underwater made by God.

*) Cerita ini gak banyak munculin biaya yang gw keluarin karena selain perjalanan kali ini udah ada PIC nya , kebayakan biaya tak terduga keluar karena makanan which is pasti beda-beda setiap orang. *pembenaran aja sih, hehe*

The team (^_^)

1. kak, boleh dong referensi tentang balurannya :) rencana akhir tahun ini pengen kesana... info penginapan dll apa aja gitu, email ke andisimple@gmail.com

makasiiih kak

2. Hi kamu, siapa namanya?
    Kemarin itu yang ngurusin penginapannya temen aku, tapi dia liat info nya dari website Baluran..
    bisa kamu liat disini http://balurannationalpark.web.id/ebook/tarif-penginapan/

Aku nginep nya di Pantai Bama, memang agak lebih jauh dari pintu masuk, tapi ini dipinggir pantai.

Bekol lebih murah dan lebih dekat dari pintu masuk dan lebih murah. Pemandangan di Bekol itu Savana langsung.

Jadi tergantung kamu mau pemandangan laut atau pemandangan savana (^_^).

Kalo akses kesana, aku sewa mobil yang jemput langsung dari Bandara Djuanda, Surabaya. Perjalanan sekitar 8 jam..hehehe, lama yaa..

Sebaiknya kalau kesana ketika musim panas, jadi lebih berasa savana dengan rumput kuning mengering.. dan lebih mungkin untuk ketemu Banteng.. Hehehe

Good luck and have a nice trip! :)

3. halohay kakak, bulan juli ini aku ada rencana mau kebaluran, tapi masih bingung sama buget yang akan dikelurkan,

aku pengennya paket murah ala backpacker gitu, kirakira berapa ya kak, biayanya, aku dari jakarta.
    mohon infonya ya kak, makasih sebelumnya

4. Hallo,
    Saya dan beberapa teman rencana mau ke Baluran dalam waktu dekat. Mau tanya, penginapan di dalam Baluran harus pesan dulu atau bisa langsung?
    Thank you.

1. Hi.. seingat ku bisa dipesan dulu sih .. coba aja lihat di website ini http://balurannationalpark.web.id/ebook/tarif-penginapan/

happy traveling :)

5. yg mw norkeling di pulau menjangan silakan kontak :Phone :+62 821 466 123 43 (Telkomsel)