Monday, September 3, 2012

Siem Reap, Cambodia - August 2012

My first solo travel!!!!!
Hehehe, akhirnya gue memutuskan untuk tidak mem-void-kan tiket kamboja ini.

Pertama kali gue beli tiket ketika airasia promo di September 2011. Gue beli tanpa bilang kesiapapun, gak tau kenapa yaa.. saat itu memang berpikir "kenapa gak pergi sendiri?" hehehe. Awalnya gue mempertimbangkan ke Brunei Darussalam, tapi setelah cek sana sini dan membandingkan harga tiket ke Brunei sama ke Siem Reap sama, akhirnya gue memutuskan untuk beli tiket Siem Reap (Salah satu dari 25 Top Destination versi tripadvisor).

Tweet sebelum berangkat "To travel means to forget. Forget what you want and remember what you deserve".

Keberangkatan
Hari ini (23.08.2012) gue masuk kantor, niat hati sekalian halal bihalal sebelum cuti. Eh temen-temennya banyak yang belum masuk aja gitu..hehe, ya iyalah riri masih pada cuti lebaran!
Sebelum berangkat gue check-in semua penerbangan, mencetak semua dokumen yang dibutuhkan dan memberitahu semua penerbangan ke satu temen (seperti biasa). Gue naik bus Damri Bandara dari Stasiun Gambir jam 17.30 dan hanya 45 menit saja sodara-sodara *cinta banget sama jalanan Jakarta kalo lagi lebaran* cuma 20.000 pun.. hehehe.
Sempet googling kalau ternyata visa kamboja udah dibebaskan untuk negara-negara ASEAN. yiippiiiee! *joget-joget*. Turns out Immigration Card for Indonesian Passport is no longer needed. Horay lagi!! gak ribet jadinya.. hehe
Sunrise when I  flew
Nginep di Bandara LCCT
Penerbangan gue itu connecting flight jadi gue harus transit di Kuala Lumpur dan menginap di LCCT pasalnya tiket ke KL jam 20.30 malam dari Jakarta, nyampe KL jam 23.30 (waktu setempat) dan tiket ke Siem Reap nya baru jam 06.50 besok paginya.
Karena mempertimbangkan repotnya ke tengah kota malam-malam dan sayang mengeluarkan uang untuk nginep di Tune Hotel Bandara, gue memutuskan nginep aja di LCCT. Ini adalah pengalaman pertama nginep dibandara, sendirian pulak!
Nginep di LCCT untuk kurang lebih 6 jam membuat gue memilih tidur di Surau (Mushola). And you know what, masa gue mimpi ketinggalan pesawat ke Kamboja aja gitu... huwaa panik karena udah pengalaman ketinggalan pesawat gara-gara ketiduran...akhirnya gue cuma tidur ayam dan sebentar, lalu bangun, sarapan dan siap-siap pengecekan dokumen.
Mushola LCCT itu gak gede tapi banyak juga yang tidur disini, yaa orang-orang macam gue yang males dan pengen hemat...Hehehe.. Selain para penumpang ada juga dua orang security cewek yang sempet tidur disini, mereka tertarik sama travel pillow gue dan tanya beli dimana. Gue bilang di Indonesia.., ya kali niat amat beli KL lagian disini kan ada IKEA, lebih lengkap harusnya.
Untuk sarapan pagi gue beli popmie di Imperium  *beda males sarapan ama kere tipis* seharga 2 RM + Nescafe 2.3 RM. Dan ternyata disini mineral water cuma 1.5 RM, semalem beli di Dunkin Donuts harganya 2.8 RM ..zzzzz!
Oh iya gue juga beli Tune Card (semacam gak bisa lepas dari dunia maya...hihihi) dan sekarang harganya 15 RM, padahal maret masih 10 RM. huhuhu...

Siem Reap
Perjalanan Kuala Lumpur - Siem Reap itu dua jam dan gak ada beda waktu antara Siem Reap dengan Jakarta. Landing sekitar jam 8 pagi waktu setempat.
Yeaah.. horay!! Siem Reap International Airport!! *norak*
Di imigrasi disebutkan "Indonesian passport no need a visa" .. yiippieee, walaupun udah tau tetep aja senang pas di-validasi-kan lagi.. hehe..
Gue beli Hello Card (Axiata Group) seharga US$ 5 dan isi pulsa untuk blackberry unlimited US$ 10, mahal sih tapi karena gue sendirian dan males repot tetep gue beli. Di Siem Reap banyak guesthouse / hostel / hotel yang memiliki fasilitas wi-fi. Jadi make sure aja penginapan kalian ada fasilitas ini, so kalau gak perlu-perlu banget gak perlu beli nomor lokal.
Di Bandara gue dijemput sama petugas hotel bernama Vibol dengan tulisan sangat besar dan jelas "RIANI SAGITA" hahaha.. aseekk *norak dah* trus diantar naik tuk tuk deh ke guesthouse nya
Ohya udara disini kalo siang panas beud udah gitu jalanannya berdebu!! Berasa jalan dicakung ini mah! -.-" Jadi bagi kalian yang alergi debu disarankan bawa masker.

BouSavy Guesthouse
Sampai guesthouse langsung disambut dengan welcome drink oleh pelayan yang bernama Sina *good service*. Secara gue sendiri ya bo' gue book single room donk pastinya (dalam pikiran gue sih single bed) eh dikasihnya double room dengan twin bed.. hahaha lucky me! senanggg!!! (tapi akhir-akhir gue baru tau ternyata mereka emang gak ada kamar dengan single bed, semuanya twin. Jadi kalau sendirian bayarnya untuk single room US$ 8/night/room dan kalau berdua bayarnya US$ 12/night/room).
Recommended! gue dapet info ini dari temen gue sih.. untuk lengkapnya bisa dibuka disini.
Paket tour yang gue pilih juga dari guesthouse ini biar lebih mudah, terpercaya dan gak ribet.

Tour the market
Karena berasa cape banget gue memutuskan setengah hari ini akan tidur-tiduran dan keliling sekitar aja, sekalian ke market. Deket guesthouse ada tiga market yang terkenal, Old Market, Central Market dan Night Market. Nah sebelum gue keluar ke market-market itu gue memutuskan untuk tidur dulu!!! Hahaha, tepar euy... tidur dibandara itu tidak bagus Jendral!! yang ada jadi sleepy head mulu! hadeh... Tapi gue emang niat santai gak pengen terburu-buru.
Teras di Bou Savy
Restoran di Bou Savy

Di Old Market udah pasti belanja lah yaaa.. beli oleh-oleh dan souvenir untuk pajangan rumah. Gue sih gak niat belanja banyak.. cuma nyari titipan aja (pembenaran).
Ada dua jenis pasar yang ada disini Pertama pasar makanan, dari mulai makanan buat oleh-oleh sampai makanan lokal yang dijual. Sungguh aneh-aneh bentuk makanan yang dipajang di pasar dan bikin ilfeel, boro-boro kepikiran untuk nyobain. Semacam mahluk  laut atau darat yang udah dibuang kulitnya trus dipotong-potong sedemikian rupa dan dipajang-pajang bak hiasan dinding... pfft

Kamboja memang terkenal dengan makanan aneh-aneh, dari mulai tarantula (laba-laba), jangkrik, sampe kecoa bisa jadi makanan (-.-") Dan karena gue bukan pecinta kuliner kalo di negara orang, jadinya gue gak coba-caoba, takut salah makan aja..hehehe.
Pasar kedua itu semacam pasar souvenir yang biasa menjual pernak-pernik buah tangan tapi mereka juga menjual baju-baju, kain, dan perhiasan emas maupung perak.

Central Market, sebenarnya lebih ke pasar souvenir. Lokasinya deket banget sama Old Market dan pasar ini lebih ramai malam hari.

Night Market, lokasi gak jauh dari kedua pasar diatas. Tapi karena judulnya night market ya udah pasti cuma buka malam mulai 18.30 sampai midnite. Ketiga pasar ini intinya pasar souvenir.

Guejuga sempet ke Lucky Mall. Masih deket old market juga, cuma kalo jalan kaki ya lumayan (lebih dekat dari Bou Savy). Gue kira gede kayak apa gitu mall nya.. beda tipis sama Cijantung Mall ini mah.
Mall baru jadi belum banyak isinya, hampir semua tokonya ada kata "lucky" nya. Coffee shop nya pun bernama "Luckafe".. hahaha lucuk! Sempet donk gue nikmatin kopi nya sambil baca novel.
Tweet : "Kalo ada cewek lagi duduk deket jendela di coffee shop sambil baca novel *cuekin aja*"

Gue juga sempet pergi ke jembatan yang menghubungkan Siem Reap river. Beuh gak dapat Mekong river Siem Reap river pun jadi. Masih terkontaminasi film perahu kertas, berasa pengen menghanyutkan kapal-kalapan yang isinya surat... hahaha... *alay kan* yang ada ntar disangka orang gila.. Tapi gue jadinya malah tiduran dibangku taman.. *ngantuk pisan euy*....yeah sleepy head!
Tweet : "Kalo ada cewek tiduran dibangku taman pinggir sungai *cuekin lagi*"

Cape muter-muter pasar, sore itu gue balik ke guesthouse buat mandi, istirahat dan makan malam. Lagi-lagi gue bukan traveler makanan, jadi bukan tipikal yang sering nyoba makanan lokal yang aneh-aneh. Makanan gue cuma seputar nasi goreng, mie goreng, roti atau sayuran. Hahaha...

Malam itu gue ke Night Market, celingak celinguk liat toko yang most likely isinya sama semua...hehehe. Souvenir dinegara manapun itu jenis nya mirip. Jadi gak jauh-jauh dari keychain, bookmark, snow glass, dan magnet.

Sempet jalan ke Pub Street yang isinya kafe dan pub yang dipenuhi dengan bule-bule pastinya. Sebenarnya enak kali ya nikmatin kafe ini, sayang udah mau hujan jadi gue memutuskan balik ke guesthouse.

Tour the Temple
Hari kedua ini akhirnya gue memutuskan untuk keliling candi naik tuk tuk.. Dari mulai hunting sunrise sampai sunset. FYI, disini lagi musim hujan.
Sunrise di Angkor Wat
Angkor Wat
Gue ini tipikal sunrise hunter, jadi jam 4 gue udah harus bangun untuk siap-siap ke Angkor Wat. Yap, lokasi untuk liat sunrise itu di Candi Angkor Wat yang merupakan salah satu candi dari komplek Angkor Temple. Dan hasilnya mendung! Tapi masih dapatlah guratan-guratan sunrisenya. Sebelum balik gue sempetin untuk muter-muter ke dalam komplek candi ini. Gue gak tau karena memang udah lama atau kurang dirawat, ukiran candi ini udah banyak yang rusak dan hilang, gak kayak candi Borobudur atau Prambanan padahal kedua candi ini dibangun lebih dulu yaitu abad ke-9, sedangkan Ankor Wat dibangun abad ke-12.

Sebelum melanjutkan perjalanan keliling candi lainnya, gue balik ke guesthouse untuk mandi dan sarapan. Candi yang gue kunjungin lagi itu Banteay Shrey yang letaknya cukup jauh. sekitar 30 km dari Ankor  city. Alasan gue ke candi ini karena candi ini disebut 'pink temple' dan semacam disebut candi para wanita.
Banteay Shrey

Lanjut ke Kbal Spean yang lokasinya gak jauh dari Banteay Shrey. Candi ini terkenal dengan 1000 lingga, terletak disungai yang adanya diatas gunung, Untuk bisa ke candi ini kita harus hiking sekitar 30 menit. Tracking path nya sih udah ada yaaa...cuma medannya cukup terjal untuk gue yang naik kesana sendirian  karena gak ada temen buat pegangan...hahaha). Jadi yang mereka sebut lingga ini adalah ukiran batu yang dibuat didasar sungai. Lagi-lagi bentuknya udah pada gak jelas. Di tempat ini juga ada air terjun mini, kenapa gue bilang mini karena pendek banget ccyynn...cakepan curug cikaso! (Belakangan baru sadar sebenarnya air terjun yang gue maksud itu di Kulen Montain Nasional Park bukan yang di Kbal Spean ini padahal jaraknya cuma beda 1 km). Lesson learn : harus bener-bener googling tempat yang mau didatangin biar gak salah dan gak buang waktu.

Kbal Spean
Tragedi terjadi ketika gue mau balik turun, hujan aja gitu!!!  mateek! ditengah hutan sendirian dan hujan.
Tweet : Being alone in this forest it should be OK. But being alone when it is rain, that's another story.
Pilihannya jalan terus nerobos hujan sendirian atau diam sebentar untuk nyari temen. Akhirnya gue  pilih yang kedua. Ketika hujan masih rintik-rintik, gue sempet berhenti dan nunggu ada orang lewat. Sumpah rada takut juga gue saat itu, manalah gak ada sinyal. Alhamdullilah ketika akhirnya ada orang lewat, gue ikutan mereka nerusin turun gunung sampai nemu tempat berteduh.

Hutan menuju Kbal Spean
Perjalanan candi berikutnya itu ke jeng jeng jeng........Ta Phrom dan hujan!. Entah kenapa Vibol, tour guide gue ini gak mau berhenti buat neduh, dia malah terus jalan dengan kehujanan. Gue sih gak kebasahan ya secara ditutupin terpal tapi kan dia nyetir nya diatas motor..prok prok prok deh buat Vibol. Kembali ke candi, candi ini yang dijadiin lokasi shooting film Tom Rider tapi sayangnya sedang under construction jadi gak bisa optimal ngeliatnya. Paling menarik dari candi ini adalah pohon-pohon besar yang entah gimana ceritanya bisa bersatu dengan batu candi.  Dipenjelaskan buku panduan disebutkan : Unlike most Angkorian temples, Ta Phrom has been left in much the same condition in which it was found : The photogenic and atmospheric combination of trees growing out of the ruins.

Ta Phrom

Selesai foto-foto lanjut ke Ankor Tom dan Bayon. Perjalanan ke tempat ini diselingi dengan tuk tuk yang mogok!! -____- Sekitar 30 menit nunggu, si tuk tuk belum bener juga. Karena gak enak kali ya,Vibol minta tuk tuk lain untuk nganter gue ke tujuan dan nanti dia jemput disana.
Sampai disini gue udah mulai tidak peduli dengan cerita candi. Ada Terrace of the Elephants, Terrace of the Leper King. I don't get the temple actually.
tweet : There are too many that I don't understand.
Bayon

Terrace of Elephants
Untungnya ketika selesai keliling Vibol sudah ada diparkiran.... yeaah lanjut! Oh iya gue sempet foto sama sekempok orang berpakaian budaya lokal dengan bayar, lupa sih bayar berapa.. hehehe

Candi terakhir yang gue datengin itu di Bahkeng yang sebenarnya adalah bukit. Lumayan pegel jalan kaki kesana dengan jalanan yang nanjak. Tempat ini dibilang bagus untuk liat sunset, candinya sendiri mah cuma ada satu diatas bukit. Sayangnya abis hujan...langit gelap, gak keliatan deh sunsetnya -____-.

Bahkeng
Setelah dari sini gue udah gak sanggup untuk ngeliat candi lainnya, udah sore banget pun dan gue memutuskan balik ke guesthouse. Diperjalanan balik sebenarnya gue dilema, nerusin muterin candi dan ke wisata  selain candi di Siem Reap atau Road Trip ke Bangkok. Pilihan kedua ini harusnya udah gue coret ketika bikin itinerary, tapi justru pilihan ini yang sangat menggoda. Setelah perdebatan batin dan demi tantangan road trip antar negara sendirian, akhirnya gue milih ke Bangkok besok paginya. Malam ini juga bisa sih berangkat, tapi gue terlanjur sungguh dibuat tepar oleh Ankor Temple. Malam sebelum tidur gue booked travel ke Bangkok dari Bou Savy seharga USD 11.

Cerita tentang Bangkok akan gue update dipostingan tersendiri. (Cerita Bangkok klik disini).

Tour the City
1.5 hari bulak balik Siem Reap - Bangkok bikin gue tepar sangat, jadi sebelum gue memulai untuk keliling kota gue istirahat dulu maaliihh..(gagal jalan-jalan santai @_@). Setelah makan siang gue minta diantar Sina untuk keliling kota. Sejujurnya gue juga bingung mau kemana karena untuk wisata kota menurut gue kurang banyak. Mau ke desa yang ada anak-anak belajar, katanya jauh gak cukup kalau cuma setengah hari. Mau ke bantaran sungai untuk main-main perahu selain jauh kok kayaknya kurang menarik ya main perahu disini. Akhirnya gue cuma ke War Museum yang isinya tank, senjata, granat, dkk peninggalan jaman perang. Dan ternyata hampir semua jenis tank yang ada di museum ini dibuat oleh Rusia. In my humble opinion betapa Rusia terdepan untuk teknologi. Andaikan sampai sekarang masih berjaya, gak kebayang ketar ketir nya Amerika ngadepin Rusia.
Bukan War Museum, cuma numpang eksis xp
Destinasi kedua itu ke Killing Field. Gue baru tau kalau di Siem Reap ada killing field juga. Setahu gue tempat yang disebut killing field para korban Khmer itu adanya di Phnom Penh (The Killing Fields of Choeung Ek). Tapi karena sedikit penarasan akhirnya gue tetap kesana. I don't really get it sih, tempat ini tuh semacam Vihara dimana biksu-biksu cilik di didik. Tapi ditempat ini juga ada semacam tugu yang isinya tengkorak manusia...mmhmm, kalau menurut gue sih ini bukan killing field yang sebenarnya. Tapi saat itu gue males mencari tau karena I was not interested in it.. hehehehe.

Katanya Killing Field..
Menjelang sore gue balik ke guesthouse dan berniat main sepeda keliling sekitar. Secara gue paling muter-muter gak akan lebih dari 2 jam, gue bilang aja pinjem itu sepeda alias minta free charge..hohoho dan dikasih yippiee!!.

Gue halan-halan ke Taman Kota naik sepeda (assekk!!) Berhenti di taman, keliling-keliling dan foto-foto. Gue juga sempet masuk ke Ankor National Museum yang isinya peninggalan Era Keemasan dari Rezim Khmer, tapi biaya masuknya USD 20 chuy *mundur terartur keluar dari museum*. Trus ceritanya gue nyari Royal Residance, udah ngikutin papan petunjuk jalan kok  kayaknya gak nemu yaa? atau emang gue yang ngeh? Jadi diputuskan untuk lanjut keliling lagi.

Taman Kota
Sepenglihatan gue dikota ini sehari-harinya memang banyak yang menggunakan sepeda, kemudian motor dan mobil. Sepanjang mata memandang gak ada yang namanya angkot, kendaraan umum cuma tuk tuk atau mobil-mobil travel dan bus untuk perjalanan jauh, ada taksi tapi itupun jarang berkeliaran. Disini mobil setir kiri dan jalan kiri kanan kebalik sama Jakarta. Kebayang penyesuaian gue waktu keliling naik sepeda, untungnya kota ini gak semrawut Jakarta atau Saigon yang pengguna motornya berjibun. Tapii..... seperti yang udah gue bilang diatas, disini itu berdebu parah chuy. Tengah hari kalau lagi panas, udah kayak jalan didaerah industri yang penuh truk dan ngeluarin polusi tak terkira beda nya disini debu!. Seperti kebanyakan traveling ke-negara asia lainnya, disini juga banyak bule yang lebih milih sewa sepeda dan keliling sendiri dibandingkan naik tuk tuk dan pake tour guide. Kalau dibuat statistiknya, sepertinya yang lebih sering menggunakan jasa tour guide justru wisatawan asia.

Malamnya gue kudu nikmatin yang namanya Apsara Dance. Kalau booked dari guesthouse ini kena USD 10 termasuk antar jemput, dinner, dan tiket nonton. Apsara Dance ini tarian tradisional Kamboja atau biasa disebut Khmer Classical Dance. Acara ini diadain beberapa hotel yang punya restoran cukup luas untuk dinner dan panggung pertunjukan. Udah pasti dari penginapan sekelas guesthouse dan hostel ada kerjasamanya. Ketika datang tinggal nyebutin darimana dan petugas akan langsung nganter kita ketempat dinner. Secara sendirian, jadinya gue dapat rada diujung *kalah saing sama yang rombongan* huhuhu.. Tapi tak apalah yang penting masih bisa nikmatin. Lagi-lagi tentang makanan. Jadi vegetarian lagi malam itu, cuma berani makan sayuran atau salad dan buah... Hahaha.

Apsara Dance

Kita akan diantar ke hotel tempat Apsara Dance sekitar 18.30 dan Pertunjukkan sendiri akan dimulai 19.30 - 20.30 malam. Setelah selesai dari sini gue minta diantar ke Night Market dan Pub Street, keliling tempat ini lagi sebelum pulang. Sayang budget udah menipis jadi tetap gak bisa nikmatin salah satu kafe disini.

Time to go home
Ya saatnya pulang. Pagi setelah sarapan harus udah siap-siap barang karena akan diantar langsung pake tuk tuk ke Bandara. Secara disini gak macet bow, jadi menurut gue cukup kecepatan nyampe nya. Alhasil gue makanin bekal sarapan yang tadi belum habis dimakan. Bandaranya gak terlalu besar, mirip-mirip Adi Sucipto Yogya.

Dan yeah, sejauh apapun perjalanan kita akan selalu ada kata pulang. Dan akhirnya mendarat dengan selamat sampai di Jakarta. Alhamdulillah.

Perjalanan ini benar-benar solo travel buat gue. Terbang sendiri, buat rencana sendiri, nginep sendiri, jalan-jalan sendiri dan buat keputusan sendiri. Bagi gue setiap perjalanan pasti selalu ada moral of story yang bisa kita ambil. Dari pengalaman gue disini, gue yang menentukan apa yang gue mau dan gue juga yang bisa dalam waktu satu menit mengubah rencana dari tempat A ke tempat B tanpa harus nunggu persetujuan orang lain. Pergi sendiri gak seseram yang kalian bayangkan. Keuntungannya gue bebas menentukan apapun yang gue mau dan punya waktu lebih banyak buat gue ngobrol sama orang-orang dari negara lain (kebetulan karena perginya keluar negeri). Dan menurut gue kelemahan solo travel cuma satu "Mahal", karena kesempatan untuk sharing cost berkurang.

Suggestion : If you dare enough to do solo travel, then you should. At least once in your lifetime. Trust me, It's gonna be fun!

1. cool. ijin bookmark dulu deh :D

btw BOU SAVY GUESTHOUSE dapet free pick up dari airport siem reap juga ya mbak?

thanks in advance

1. Iya, coba aja di contact langsung orang guesthouse nya.